DAERAH  

Dinilai Kurang Pengawasan, Pekerja Galian PDAM di Depok Abaikan Keselamatan Kerja

Depok, Nusantarapos – Proyek galian sering dijumpai di sejumlah titik daerah. Para tukang yang mengerjakan proyek galian itu terpantau bekerja tanpa alas kaki alias cekeran.

Nampak di salah satu sudut Jalan Tole Iskandar Sukmajaya Depok para tukang yang mengerjakan galian PDAM tengah bekerja tanpa alas kaki. Mereka mengaku nyaman-nyaman saja menghiraukan Keselamatan dirinya dengan tidak menggunakan Kelengkapan K3.

“Tidak ada keharusan pakai boots. Tidak berbahaya juga, galiannya dangkal,” ujarnya salah satu pekerja yang tidak mau sebutkan namanya saat di jumpai wartawan di lokasi, Jum’at (15/03/14).

Hal tersebut juga dirasakan oleh masyarakat dan pengendara kendaraan bermotor yang melintasi Jalan Tole Iskandar Depok dihadapkan pada kemacetan panjang pada pagi dan sore hari. Ini terjadi karena di jalan tersebut sedang ada pengerjaan proyek air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Depok.

Fahrul Roji seorang warga sekitar yang mempunyai usaha dijumpai wartawan di lokasi, mengatakan, “dirinya mengaku kemacetan tak hanya menggangu kenyamanan para pengendara, juga masyarakat sekitar. Apalagi, banyak tumpukan tanah bekas galian yang diletakkan di depan tempat usaha masyarakat sehingga membuat akses berjualan terganggu”, ujarnya.

Bukan cuma macet yang kami keluhkan,ini tumpukan tanahnya juga. Jalan kami untuk berjualan jadinya sempit. Ia berharap pihak terkait dapat segera merampungkan pembangunan proyek ini gara arus lalulintas dan tempat usaha masyarakat dapat kembali berfungsi sebagaimana sebelumnya.