Bupati Trenggalek Raih Prestasi Pembina BUMD dalam TOP BUMD Award 2024

TRENGGALEK, Nusantarapos.co.id – Dinilai sukses dalam mendorong peningkatan kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkab Trenggalek, Bupati Moch. Nur Arifin meraih penghargaan pembina BUMD Award 2024.

Disampaikan Gus Ipin sapaan Bupati Trenggalek tersebut bahwa torehan prestasi ini untuk mendorong eksistensi BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) PT. BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) tidak perlu diragukan lagi.

Karena dengan bukti memberikan kontribusi PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang terus meningkat dari tahun ketahun, BPR Jwalita juga turut berperan aktif mendukung program program pemerintah daerah, diantaranya mendorong pertumbuhan UMKM.

“Bahkan salah satu yang tidak bisa kita lupakan upaya memerangi praktik renternir dengan program Kredit Pedagang Pasar (Gangsar) yang dilakukan beberapa tahun lalu hingga sekarang,” ungkapnya.

Disampaikan Gus Ipin tentunya keberhasilan BUMD ini tidak lepas dari peran, kontribusi, dan dukungan kepala daerahnya. Karena tidak hanya dirinya yang dinobatkan sebagai TOP Pembina BUMD terbaik, PT. BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) juga berhasil naik eskalasi dari BUMD Bintang 4 tahun 2023 menjadi BUMD Bintang 5 di tahun 2024 ini.

Tidak hanya itu Dwi Fraidianriani, Direktur Utama BPR Jwalita juga menjadi salah satu TOP CEO BUMD tahun 2024 dalam ajang yang sama. Dirinya juga mengucapkan selamat dan salah satunya BPR Jwalita karena dianggap selain kinerja keuangan sebagai sebuah perusahaan yang baik.

“Tetapi juga dianggap punya social impact karena meluncurkan program kredit sanitasi untuk warga yang ingin mendapatkan sanitasi yang lebih baik, yang berkualitas untuk meningkatkan kualitas hidup dan juga kesehatan,” ucapnya.

Jadi itu yang menjadi salah satu strong point mengapa BPR Jwalita TOP BUMD Award Bintang 5 atau kategori yang paling tinggi. Harapannya semua BUMD bisa seperti BPR Jwalita. Apalagi BPR Jwalita juga baru saja restrukturisasi organisasi.

Dibidang energi ada PT. Jwalita Energi Trenggalek (JET) dan masih ada beberapa BUMD lain. “Semoga ini nanti diikuti,” imbuhnya.

Diterima langsung Bupati Trenggalek, Rabu (20/3/2024) di Dian Ballroom Hotel Raffles, Jakarta. Top BUMD Award sendiri merupakan corporate rating, penilaian BUMD bertujuan mendukung program dan kebijakan pemerintah pusat maupun daerah.

Sedangkan Direltur Utama BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda), Dwi Fraidianriani menambahkan penghargaan untuk BPR nya tidaklah datang tiba-tiba, melainkan melalui tahapan penilaian yang panjang yang dilakukan oleh lembaga yang kompeten.

“Penilaian melalui beberapa tahapan, salah satunya melalui wawancara dan beberapa metode penjurian lainnya. Salah satunya dilakukan oleh team dari Universitas Padjajaran di Bulan Januari 2024 lalu,” kata perempuan energik itu.

Lanjutnya, bila sebelumnya tahun 2023 kita mendapatkan peringkat Bintang 4, tahun 2024 ini kita meraih Bintang 5. Ini menunjukkan konsistensi kita dalam mengelola salah BUMD milik Kabupaten Trenggalek,” imbuhnya.

Beberapa inovasi yang kami lakukan mungkin dapat direkomendasikan kepada BUMD lain di Indonesia. Seperti Kredit Krisna (Air dan Sanitasi), Program yang menyentuh ekonomi kerakyatan seperti Gangsar (Kredit Pedagang Pasar Tanpa Jaminan).

“Bahkan tercatat laba kami tahun 2023 sebesar Rp. 2,560 miliar,” tutupnya. (ADV)