Serahkan LKPJ TA 2023 Kepada DPRD, Ini Penjelasan Bupati Trenggalek

Bupati saat menyerahkan LKPJ APBD tahun 2023 kepada Ketua DPRD

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS, – Kemiskinan ekstrem di Kabupaten Trenggalek telah mencapai target nol persen sesuai amanat presiden. Hal itu disampaikan Bupati Trenggalek usai menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) APBD tahun 2023 dalam Rapat Paripurna DPRD Trenggalek.

Tidak hanya itu, Bupati Trenggalek juga menyampaikan bahwa masih banyak lainnya yang sesuai target dan indikator kinerja. Hal itu telah menjadi fokus di tahun kemarin.

“Secara umum, indikator kinerja utama mengalami perbaikan dan hampir semua target dapat tercapai,” kata Gus Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek, Kamis (21/3/2024).

Menurut Gus Ipin, adapun yang tidak mencapai target yaitu terkait dengan tingkat penggangguran terbuka. Tetapi kinerja di satu tahun terakhir ini mengalami kinerja yang siginifikan karena terjadi penurunan.

Dari yang sebelumnya 5,4 di tahun 2022, sekarang menjadi 4 koma sekian di tahun 2023. Terkait masalah kemiskinan ekstrem, Kabupaten Trenggalek termasuk yang mampu menerjemahkan arahan Presiden RI.

“Dimana saat ini tingkat kemiskinan ekstrem di Trenggalek sudah nol persen, ini sesuai apa yang diamanahkan Presiden,” terangnya.

Sementara itu Gus Ipin juga menyampaikan bahwa PAD mencapai sekitar 267 miliar rupiah. Mas Bupati Ipin berharap target bisa terus ditingkatkan hingga di kisaran 300-an miliar rupiah.

Disamping penyampaian LKPJ, Rapat Paripurna juga menyetujui Raperda tentang Hari Jadi Trenggalek menjadi Perda. Upaya tersebut untuk memberikan kepastian tentang anggaran pelaksanaan hari jadi yang digelar setiap tahunnya.

“Jadi untuk kepastian kalau ada Perda, untuk penganggaran dan segala macam, continuity nanti tetap akan bisa dilaksanakan,” jelas Gus Ipin. (ADV)