Kapolri Pimpin Pelepasan Mudik Gratis Polri Presisi di Monas

Jakarta, Nusantarapos – Polri bersama Kementerian Perhubungan menggelar program Mudik Gratis Polri Presisi 2024. Kapolri Jenderal Listyo Sigit melepas keberangkatan puluhan bus di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2024).

Mudik gratis ini berangkat ke empat provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Total 58.000 orang berangkat dari 17 provinsi.

“Kami dan kementerian terkait melaksanakan kegiatan mudik gratis, dimana untuk kali ini kita melaksanakan kegiatan di 17 provinsi secara bersama dengan jumlah penumpang mudik yang berangkat dan kembali kurang lebih 58.000 orang. Sementara yang kita berangkatkan dari Jakarta 20.000 orang, ” ujar Kapolri.

Sebelum diberangkatkan, Kapolri menjelaskan bahwa semua sopir bus telah melakukan cek kesehatan demi menjamin keselamatan dan keamanan penumpang.

Diketahui, masyarakat yang ikut dalam program mudik gratis Polri Presisi tahun 2024 telah mendaftar baik secara online maupun mendatangi langsung kantor Samsat. Ternyata, animo masyarakat sangat tinggi.

“Kami sempat menanyakan bagaimana cara mereka mendaftar, yang satu online, yang satu mendaftar di kantor Samsat. Ternyata banyak masyarakat yang berminat melaksanakan mudik gratis. Mudah-mudahan masih ada slot kebagian, mudah-mudahan ini bisa dilayani dengan baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, ” tandasnya.

Di tempat sama, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyatakan bahwa mudik gratis ini diselenggarakan untuk meminimalisir terjadinya potensi kecelakaan.

“Ada peningkatan 136,9 juta masyarakat Indonesia akan melakukan perjalanan mudik, wisata dan silahturahmi dan ini menjadi potensi kecelakaan lalu lintas dalam musim tahun ini, ” ungkapnya.

Selain jakarta, mudik gratis juga diselenggarakan di Polda jajaran dengan total 1176 bus.

Kakorlantas berharap, agar mudik gratis tahun ini berjalan lancar dan semua penumpang selamat sampai tujuan.

“Harapannya nanti pemudik bisa selamat sampai tujuan, mudik aman, lancar dan nyaman sehingga menjadi mudik ceria dan penuh makna, ” pungkasnya. (Arie)