BERITA  

FIB UNS Datangkan Guru Besar dari Ohio USA dalam Workshop Penulisan Jurnal Ilmiah Internasional

SURAKARTA – Publikasi internasional menjadi salah satu penilaian penelitian yang kredibel dan dapat memberikan manfaat dalam lingkup global. Fakultas Ilmu Budaya Universitas  Sebelas Maret (UNS) terus mendukung mahasiswa dan akademisi untuk berkarya dan berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

Sebagai bentuk implementasi dari misinya, FIB UNS mengadakan workshop penulisan jurnal ilmiah internasional dengan mendatangkan pakar yang merupakan guru besar dari Kenyon College, Ohio USA, Prof. Sam Pack. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ini (25/04/24) di Ballroom UNS Tower.

Acara dibuka dengan sambutan dari Prof. Dr. Tri Wiratno, M.A. selaku Wakil Dekan FIB UNS dan dipandu oleh moderator Dr. Yusuf Kurniawan, S.S., M.A. yang membersamai
pemaparan materi.

Melalui materi yang disampaikan, Prof. Sam Pack memberikan informasi, panduan, dan tips  dalam penulisan jurnal ilmiah. Hal dasar yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan  penulisan jurnal ilmiah adalah untuk siapa penulisan jurnal tersebut.

“Untuk siapa kamu  menulis? Hal ini harus dipikirkan karena akan sangat mempengaruhi penulisan jurnal,” ujarnya saat mengawali materi.

Dalam publikasi jurnal, peneliti harus menemukan jurnal yang tepat dengan berbagai pertimbangan. “Terdapat banyak pilihan jurnal, tetapi pilih jurnal yang memiliki kredibilitas
tinggi dan hindari predator jurnal. Kemudian cari rujukan yang paling sering dibaca dan sesuaikan artikel dengan format penulisan,” tambahnya.

Seperti halnya penulisan artikel pada umumnya, Prof. Sam Pack memaparkan bagian-bagian  artikel yang terdiri dari pendahuluan, kajian pustaka, metode penelitian, pembahasan, dan  kesimpulan. Guru besar Kenyon College itu mengutarakan bahwa penulisan pendahuluanyang harus dimulai dengan pengantar pendek untuk memperkenalkan topik yang akan dibahas dalam artikel kepada pembaca.

Prof. Sam Pack menyoroti bagian metodologi penelitian yang memuat proses dalam penelitian. “Peneliti harus memaparkan caranya memperoleh data. Bagian ini tentang bagaimana kepribadian dari penulis dapat mempengaruhi hasil penelitian atau data yang diambil untuk penelitiannya tersebut,” pungkas guru besar yang kerap disapa Prof. Sam itu.

Prof. Sam Pack juga membagikan lima tips untuk menulis artikel jurnal agar tulisan dapat mendukung penelitian yang dilakukan. “Pertama, membuat kerangka penulisan.

Sebaiknya  kerangka dibuat hanya dalam 1 halaman sebab semakin sedikit outline yang dibuat, maka akan semakin efektif. Kemudian mintalah tanggapan yang membangun dan mendukung penulisan karya ilmiah yang telah dilakukan.

Libatkan kelompok menulis untuk mendorong dan menjaga akuntabilitas satu sama lain. Bagian terpenting dalam penelitian adalah orisinalitas. Pastikan karyamu menghindari plagiarism dan pertaankan itu. Selain itu, jangan peka terhadap kritik atau hinaan dan menjadikannya sebagai penghalangmu dalam menulis,” imbuh Prof. Sam dalam materinya hari ini.

Penulis: Shalma Widyawati