TMMD  

Pengecoran Jalan di Desa Sijenggung Capai 95% oleh Satgas TMMD Reguler ke-120

Nusantarapos,Banjarnegara,– Anggota Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-120 dari Kodim 0704 Banjarnegara bersama warga Desa Sijenggung melaksanakan kerja bakti pengecoran jalan. Proyek ini telah mencapai progres 95% di Desa Sijenggung, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Minggu (02/06/24).

Pasiter Kodim 0704 Banjarnegara, Kapten Inf Koko Suwarko, menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas partisipasi aktif warga dalam kegiatan pengecoran jalan ini. “Kami sangat mengapresiasi semangat gotong royong yang ditunjukkan oleh warga Desa Sijenggung. Pengerjaan jalan ini berjalan lancar berkat kerjasama yang solid antara anggota Satgas TMMD dan masyarakat setempat,” ujarnya.

Proyek pengecoran jalan ini merupakan salah satu sasaran fisik utama dalam TMMD Reguler ke-120. Jalan yang sedang diperbaiki memiliki panjang sekitar 1 kilometer dan lebar 3 meter, yang sebelumnya berada dalam kondisi yang kurang memadai. Dengan adanya perbaikan ini, diharapkan akses transportasi warga menjadi lebih mudah dan aman, terutama saat musim hujan.

Kapten Inf Koko Suwarko juga menambahkan bahwa pengerjaan ini merupakan bagian dari upaya TNI untuk mendukung pembangunan infrastruktur pedesaan. “Kami berkomitmen untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas infrastruktur di pedesaan. Dengan jalan yang baik, kami berharap perekonomian desa juga akan meningkat,” katanya.

Kepala Desa Sijenggung, Suyono, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada TNI dan semua pihak yang terlibat dalam TMMD ini. “Kami sangat berterima kasih atas bantuan dan dukungan dari TNI. Jalan ini sangat vital bagi kami karena merupakan akses utama untuk kegiatan sehari-hari dan aktivitas ekonomi. Dengan diperbaikinya jalan ini, kami yakin akan ada peningkatan kesejahteraan bagi warga desa,” ungkapnya.

Salah satu warga, Bapak Mahin, juga menyatakan kegembiraannya dengan progres pengecoran jalan ini. “Kami sangat senang melihat jalan ini hampir selesai. Selama ini kami sering kesulitan, terutama saat musim hujan. Dengan jalan yang mulus, kami bisa lebih mudah mengangkut hasil pertanian dan beraktivitas sehari-hari,” ujarnya.

Progres yang hampir mencapai 100% ini menunjukkan bahwa semangat gotong royong antara TNI dan warga desa masih sangat kuat. Setiap hari, anggota Satgas TMMD bersama warga bekerja tanpa lelah untuk menyelesaikan pengecoran jalan ini. Proses pengerjaan dilakukan dengan cermat, memastikan kualitas jalan yang kokoh dan tahan lama.

Selain pengerjaan jalan, TMMD Reguler ke-120 juga mencakup berbagai kegiatan lainnya seperti renovasi rumah tidak layak huni, pembangunan fasilitas umum, dan penyuluhan kepada warga desa. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup warga Desa Sijenggung secara keseluruhan.

TMMD Reguler ke-120 di Desa Sijenggung tidak hanya berfokus pada pembangunan fisik, tetapi juga pada pemberdayaan masyarakat. Berbagai kegiatan non-fisik seperti penyuluhan kesehatan, pendidikan, dan kebersihan lingkungan juga dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan warga.

Dandim 0704 Banjarnegara, Letkol CZI Teguh Prasetyanto, S.T., menyatakan optimismenya bahwa semua target TMMD Reguler ke-120 akan tercapai tepat waktu. “Kami optimis semua sasaran akan selesai sesuai rencana. Sinergi yang baik antara TNI dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan program ini,” tuturnya.

Melalui program TMMD, TNI terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pembangunan desa dan memperkuat kemanunggalan dengan rakyat. Desa Sijenggung menjadi contoh nyata bagaimana program ini dapat memberikan perubahan positif bagi masyarakat pedesaan, dengan harapan bahwa peningkatan infrastruktur ini akan membawa dampak jangka panjang bagi kesejahteraan warga.(Pendimbna).