DAERAH  

120 Anggota DPRD Jateng Periode 2019-2024 Resmi di Lantik

Foto : Pengambilan Sumpah Anggota DPRD Jawa Tengah periode 2019-2024 di Gedung Berlian lantai IV, dan sambutan Bambang Kusriyanto sebagai Ketua DPRD Sementara, serta sambutan Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta Gubenur yang berjabat tangan mengucapkan selamat pada Anggota DPRD Jateng yang baru usai pelantikkan, Selasa (3/9/19), ( Budi Supriyatno)

Nusantarapos, – Sebanyak 120 anggota DPRD Jawa Tengah hasil pemilihan legistatif (Pileg) untuk periode 2019 – 2024, pelantikan yang digelar di Auala lantai IV Gedung Berlian Jalan Pahlawan Semarang, Selasa (3/9/19).

Pelantikkan yang dihadiri Gubenur Jawa Tengah KPU, Bawaslu, para ketua partai, Pangdam IV/Dip, Kapolda Jateng, Danlanumad, Perwakilan Gub Akmil, Perwakilan Gub Akpol, Kepala Daerah, Mantan Ketua DPRD Jateng, keluarga DPRD terpilih, elemen masyarakat, dan media massa.

Ketua DPRD Jateng Dr. Rukma Setyabudi yang memimpin rapat paripurna dalam agenda pelantikkan DPRD Jawa Tengah periode tahun 2019 – 2024 ini, didamping keempat wakilnya yakni Sukirman, Ahmadi, Heri Pudyatmoko, dan Ferry Wawan Cahyono bersama Gubernur Ganjar Pranowo dan Wagub Taj Yasin.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada gubernur dan semua pihak, khususnya masyarakat Jateng, atas kerjasamanya selama ini, hingga pelantikkan ini dapat berjalan dengan lancar, maka hari ini akan diambil supah jabatan untuk anggota DPRD tahun 2019 – 2024, degan usainya pengambilan sumpah ini, maka DPRD periode 2014 -2019 telah usai masa jabatannya,” kata Rukma yang juga politikus PDI Perjuangan.

Dalam kesempatan itu, lanjut Rukma, dirinya juga mengucapkan apresiasinya kepada anggota dewan yang telah selesai masa baktinya. Dia berharap anggota dewan tersebut tetap berperan dalam pembangunan Jateng ke depannya.

Agenda selanjutnya yakni pengambilan sumpah dan janji jabatan yang diucapkan oleh 120 DPRD terpilih. Setelah diambil sumpah dan janji kemudian dilakukan penyematan pin pada Anggota DPRD yang dilantik.

Selanjutnya, Sekretaris DPRD Jateng Urip Sihabudin mengumumkan pimpinan sementara DPRD. Sesuai aturan suara terbanyak pertama, Bambang Kusriyanto dari PDI Perjuangan dipilih sebagai Ketua DPRD sementara dan Sukirman dari PKB menjadi Wakil Ketua DPRD sementara sebagai suara terbanyak kedua. Setelah menduduki kursi pimpinan, Bambang dipersilahkan untuk memberikan kata sambutannya.

Dalam sambutannya, Bambang Kusriyanto, meminta kepada semua Anggota Dewan yang baru untuk bisas menjalin komunikasi dengan baik dan selalu berkoordinasi dengan sesame Dewan, Gubenur, dan Forkomfinda, terutama dengan masyarakat Jawa Tengah.

“Dengan adanya komposisi dewan yang baru ini, kita semua bisa terjalin komunikasi dan koordinasi yang baik. Terutama pada masyarakat Jawa Tengah, karena tanpa suara mereka kita semua tidak akan duduk di parlemen ini. Untuk itu kami berharap dukungan dari semua pihak untuk kelancarannya, serta kesuksesan kami dalam mengemban tugas dan amanah rakyat Jawa Tengah,” kata Bambang usai mengakhiri sambutan perdananya.

Sementara itu, Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dalam sambutannya mengatakan, semua pencapaian baik dalam prestasi dari Dewan terdahulu, agar bisa tetap dilanjutkan. Untuk DPRD yang telah dilantik pada hari ini, dihharapkan mampu berkolaborasi aktif dengan pihak eksekutif untuk menyelesaikan urusan di segala bidang dan pembangunan di Jawa Tengah.

“Kami sudah menyusun beberapa catatan penting bersama wakil Gubenur Jateng Taj Yasin, saya berharap untuk Dewan yang baru, supaya bisa mendukung segala program-program yang telah dicanangkan seperti di bidang pendidikan dan kesehatan,” ucapnya.

Rapat paripurna pelantikkan DPRD Jateng periode 2019-2024 tersebut tampak khidmat dengan penjagaan ketat dari ratusan personil kepolisian polda Jateng. Usai pelantikkan Gubenur Jawa Tengah dan tamu undangan yang hadir bersalaman dengan para Aggota Dewan baru. (Budi)