TMMD  

Mimpi Kakek Sawin Punya Rumah Tak Bocor Segera Terwujud Lewat TMMD ke-106

Cilacap – Rumah berdinding bilik menjadi perhatian Kodim 0703 Cilacap. Rumah milik kakek Sawin (67) di RT 04 RW. 04 Dusun Sidakumpul, Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Cilacap itu akan direhab dan dipercantik melalui program TMMD Reguler ke- 106.

Sebuah rumah berbilik bambu berdiri di sisi jalan. Rumah tidak layak huni tiu itempati Kakek Sawin bersama. Kakek ini tinggal di rumah sangat sederhana itu sejak puluhan tahun lalu.

Kodim Cilacap akan menerjunkan personil Satgas dalam Program TMMD yang akan digelar tanggal 2 Oktober mendatang. Kini personil TNI yang dibantu warga, Ormas dan pemerintah setempat itu, terus bekerja membenahi sasaran fisik TMMD di Desa itu.

Selain membenahi jalan desa itu, pada TMMD ini, personil TNI akan merehab 20 unit rumah warga, membangun talud, MCK, gorong – gorong, tempat wisata dan lain – lainnya. Sementara untuk kegiatan nonfisikpun akan dilakukan di desa tersebut. Dari pantauan, kediaman Sawin itu dalam kondisi memprihatinkan. Pada bagian rumah tampak miring dan nyaris ambruk. Pada bagian dalam, ada dua kamar dan satu berikut kamar dapur. Sementara bagian lantainya hanya beralaskan tanah. “Kalau hujan pasti bocor,” kata Sawin kepada anggota Satgas, Kamis (19/09).

Usianya yang sepuh membuat Sawin membutuhkan bantuan. Sudah belasan tahun mereka mendiami rumah itu. Sawin berkeinginan rumahnya itu dibenahi sehingga tidak lagi bocor saat turun hujan nanti. Namun harapan tinggallah harapan. Sudah belasan tahun, rumahnya itu tidak tersentuh bantuan meskipun sudah didata.

Mimpi Kakek Sawin segera terwujud. Dari 20 unit rumah yang akan direhab pada Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 itu, satu diantaranya adalah rumah Sawin. Kebahagian tampak dari ruat Sawin. Bahkan sepekan sebelum rumahnya ditinjau Satgas, sudah lebih dulu didata desa. “Alhamdulillah, Maturnuwun Griya Kula Didandani (Terimakasih Rumah Saya Diperbaiki),” katanya (Sty)