TMMD  

Keuletan Sumini dalam Usaha Krupuk singkong Pekerjakan Dua Orang Pegawai

Cilacap,- Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap merupakan salah satu wilayah pegunungan yang banyak menghasilkan singkong. Oleh karena itu Samini memanfaatkan hasil petani singkong dengan mengolahnya menjadi krupuk singkong.

Dengan keuletannya ini, Ia mampu menjual krupuk singkong mentah 10 Kilogram setiap hari dengan harga per kilonya 10.000. Dengan hasil sebesar itu iapun bisa mempekerjakan karyawan dua orang dalam pembuatan dan pengadonan krupuk singkong.

“Ya saya sangat bersyukur karena setiap hari saya mampu menjual krupuk singkong 10 kilo gram. Kalau dikerjakan sendiri tentu saya tidak kuat karena harus ada yang mengadon bahan, mengiris, menjemur dan bahkan ada yang menggorengnya. Jadi ya saya minta bantuan kepada tetangga. Tentu dengan saya gaji,” Katanya Sabtu (21/9/19).
Ia melanjutkan, dengan adanya bantuan dari tetangga ini ia bisa lebih banyak memproduksi krupuk singkong yang selama ini menjadi idola bagi masyarakat Kabupaten Cilacap.

Ditanya soal ke mana krupuk singkong tersebut dipasarkan, Sumini mengatakan dijual di pasar dan yang sudah digoreng dititipkan ke took oleh-oleh.

“Kalau yang mentah ita jual ke pasar da nada juga yang mengambi di rumah. Sedangkan untuk yang sudah di goreng kita titipkan ke took oleh-oleh atau tempat wisata seperti Benteng Pendem.(*)