TMMD  

Penyuluhan Pengolahan Sampah Salah Satu Kegiatan Non Fisik TMMD ke 111

Warga Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Gresik mengikuti kegiatan Penyuluhan pengolahan sampah pada kegiatan penyuluhan non fisik TMMD Ke-111 Kodim 0817/Gresik, bertempat di Balai Desa Siwalan, Rabu (23/06/21).

Saat menyelenggarakan sosialisasi pengendalian dan pengelolaan lingkungan hidup serta pengelolaan sampah pada program non fisik TMMD ke 111 Kodim 0817/Gresik, di Aula Balai Desa Siwalan. Ibu Nurul (Staf Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik) mengatakan, Hal ini dilakukan sebagai pelatihan bagaimana pengelolaan sampah organik maupun anorganik. Dimana sampah-sampah organik dijadikan kompos dan bagaimana proses pembuatannya. kemudian sampah anorganik dibuat sebagai kerajinan tangan.

Dalam acara tersebut juga dipaparkan bagaimana cara dan sistem pembentukan bank sampah supaya kedepan bisa memberdayakan masyarakat untuk mengolah sampah dan merubah mindset masyarakat bahwa sampah bisa mendatangkan rupiah bila kita mau dan bisa mengelolanya dengan baik.

Ibu Nurul pada acara sosialisasi penyuluhan. Mengemukakan, tujuan dari sosialisasi adalah untuk merubah pola pikir masyarakat mengenai sampah agar tidak menilai sampah sebagai sesuatu yang tidak memiliki nilai guna. Melainkan, harus menilai sampah sebagai sesuatu yang bisa dimanfaatkan dan bernilai guna, sehingga bisa mendatangkan rupiah,” ujarnya.