TMMD  

Menuju Sejahtera Harus Diimbangi Doa dan Ikhtiar yang Ikhlas

Gresik – Roda kehidupan memang berputar, kadang berada diatas kadang juga harus dibawah. Untuk warga desa tertinggal dan terpelosok tidak boleh berkecil Hati, Karena Desa yang tertinggal pada suatu saat nanti akan dapat menjadi Desa yang justru lebih kaya dan lebih makmur dari desa yang lebih maju sebelumnya. Semua itu tentu perlu perjuangan, tekat serta kekompakan yang tak kenal lelah dari semua Warga Desa.

Yang membuat keyakinan bahwa Desa Siwalan akan berada diatas pada nantinya adalah dukungan masyarakat yang begitu kuat untuk menuju kesana. Warga Desa Siwalan sangat kompak dalam segala hal. Termasuk gotong royong mengerjakan semua kegiatan, tiada kata mengeluh,hanya ada kata siap kerja dan siap membantu satgas untuk mewujudkan Desa Mandiri, menuju masyarakat yang sejahtera.

Menurut Kades Siwalan Suhartono, Minggu (27/6/21) mengatakan,” Gotong royong yang dilaksanakan oleh satgas dan warga menjadi tolak ukur dari sebuah keberhasilan dan tujuan dari pemerataan pembangunan.Semua dapat terwujud karena tidak lepas dari keterlibatan masyarakat, kalau masyarakatnya kompak apa yang menjadi tujuan utama pasti dapat terwujud, namun bila masyarakatnya lemah maka tujuan itu juga akan sulit untuk diraih.”

Namun yang lebih membuat keyakinan warga semua bertambah, masyarakat Desa Siwalan masih menjunjung tinggi budaya gotong royong dan kebersamaan. Sehingga dengan dasar kekompakan dan kebersamaan serta semangat gotong royong yang tinggi, semua kegiatan fisik maupun non fisik pasti akan berjalan dengan baik serta membuahkan hasil yang maksimal.

Tidak ada keberhasilan itu tanpa kerja keras serta doa yang dalam, karena bila hanya sepihak maka suatu hari keberhasilan tersebut juga akan hilang kembali.

“Tetapi kalau hanya dengan doa juga tiada arti tanpa ada kerja keras yang nyata. Inilah yang perlu dicontoh dari masyarakat Desa Siwalan Kecamata Panceng Kabupaten Gresik. Mereka bekerja diimbangi dengan doa, agar apa yang diraih itu akan langgeng, bukan hanya sekedar mampir saja,” pungkasnya. (*)