Cegah Covid 19, TNI Ajarkan Pembuatan Wedang Jahe ala Pos Skamto di Papua

JAKARTA, NUSANTARAPOS – Dalam upaya memerangi pandemi Covid-19, Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Pos Skamto mengajarkan cara membuat Wedang jahe di Kampung Arso 7 Rt 14 Distrik Arso Barat Kabupaten Keerom, Papua (25/7/2021).

Dansatgas Yonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani mengatakan, penguatan imunitas adalah sebagai salah satu cara dalam mencegah Covid-19, sehingga Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Pos Skamto mengajarkan membuat minuman Wedang Jahe kepada masyarakat perbatasan.

“Minuman tradisional dari rempah-rempah pilihan itu dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh”, ujarnya.

Di tempat terpisah Dankipur B Lettu Inf Hery Wahyu Saputra saat memberikan penyuluhan mengatakan minuman hangat wedang jahe sangat mudah dibuat. Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapat seperti jahe, jeruk nipis, serai wangi, daun pala, kayu secang dan cengkeh.

Khasiat minuman ini selain dapat meningkatkan imunitas tubuh juga berkhasiat untuk menurunkan kolestrol, kaya akan antioksidan, menyegarkan badan dan melancarkan sirkulasi darah”, ujar Hery.

Danpos Skamto menyarankan setelah diajarkan, agar masyarakat rutin mengkonsumsi Wedang jahe tersebut, di samping terus menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari guna memutus penularan Covid-19.

“Melalui program Wedang jahe ini, kami terus menunjukkan komitmen dalam mendukung pemerintah dalam memerangi pandemi Covid-19 di Kabupaten Keerom”, tegas Hery.

Salah seorang warga Arso 7, Ibu Maria (31 Th), yang mengikuti pelatihan langsung merasakan manfaatnya.

“Setelah mencoba menikmati wedang jahe buatannya tersebut tubuh saya segar, pernafasan menjadi lega dan terasa lebih bertenaga”, ujarnya. (Dispenad)