HUKUM  

Ratusan Santri Bersarung Gelar Orasi di Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo

PROBOLINGGO, NUSANTARAPOS – Nusantara pos Ratusan santri bersarung yang tergabung dalam Aliansi Santri Kabupaten Probolinggo menggelar aksi damai mulai dari lapangan Pajarakan ke kantor DPRD Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (30/9/2021).

Aksi ini dilakukan untuk mendukung kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas OTT Jual Beli Jabatan di lingkungan Pemkab Probolinggo yang menjerat 22 Aparatur Sipil Negara (ASN).

Para santri yang berunjuk rasa ini berasal dari berbagai pesantren di Kabupaten Probolinggo. Mereka membawa sejumlah poster yang dibawanya berisi kritikan pedas terhadap para koruptor, terutama terhadap Bupati Probolinggo nonaktif Puput Tantriana Sari dan suaminya yang juga anggota DPR RI nonaktif, Hasan Aminuddin.

Selain itu, poster yang dibawanya bertuliskan dukungan terhadap kinerja OPK RI, yang telah berhasil membongkar kasus korupsi di Kabupaten Probolinggo. Mereka para santri didampingi oleh pengasuh pesantren masing-masing.

Para santri menuntut agar tim KPK mengusut tuntas korupsi di Kabupaten Probolinggo. Dalam orasi yang disampaikan, bahwa sejauh ini KPK masih seputar pemerintahan eksekutif di Kabupaten Probolinggo, sedangkan Legislatif masih belum disentuh.

“KPK RI sudah bekerja dengan maksimal. Kami para santri sangat mengapresiasi kinerja KPK. Namun, sejauh ini masih di seputaran Eksekutif. Sementara Legislatif masih belum,” kata Koordinator Aksi Gus Zakiyah Fuad.

Kata dia, pihal Legislatif harus dilakukan penggeledahan atau pemeriksaan, karena segela sesuatu yang berkaitan dengan anggaran pemerintahan itu ada di tangan pihak Legislatif.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto Wibowo menyambut baik kehadiran ratusan santri bersarung tersebut. Ia berjanji akan memenuhi apa yang menjadi permintaan para santri itu.

Para santri juga memohon dengan sangat kepada PCNU Kota Kraksaan dan Kabupaten Probolinggo PWNU Jawa Timur serta PBNU untuk memecat secara tidak Terhormat Hasan Aminuddin dari Posisi Mustasyar NU.

“Ini adalah kritikan membangun bagi kami. Kedatangan para santri bersarung ini sungguh berkesan bagi kami. Dan kami pun juga sangat mendukung kinerja KPK untuk memberantas korupsi di Kabupaten Probolinggo,” kata Andi. (ADL)