70 Designer Siap Ramaikan Jakarta Fashion Week 2022

JAKARTA, NUSANTARAPOS – Tahun ini, Jakarta Fashion Week genap memasuki tahun ke-14. Kembali diselenggarakan virtual seperti tahun lalu, JFW 2022 akan hadir selama 4 hari, dari tanggal 25-28 November 2021 yang bisa disaksikan secara livestream di JFW.tv dan YouTube Jakarta Fashion Week, serta live di Facebook Jakarta Fashion Week, Instagram dan TikTok @jfwofficial.

Jakarta Fashion Week hadir bukan hanya sebagai tontonan fashion belaka, melainkan juga sudah menjadi kiblat dan panduan untuk fashion di tahun selanjutnya. Hadir dalam bentuk virtual sejak tahun lalu, Jakarta Fashion Week tetap berhasil dinikmati oleh para fashion enthusiast di banyak kota besar di Indonesia, hingga internasional. Hal ini membuktikan bahwa arahan fashion yang dipersembahkan Jakarta Fashion Week memang selalu dinantikan.

Masa pandemi yang masih melanda tentu saja memengaruhi gaya hidup dan berbagai aspek industri, termasuk dunia mode. Hal ini menimbulkan perubahan pemetaan dari para desainer Indonesia. Rancangan busana dan aksesori yang diciptakannya akan berfokus pada faktor kenyamanan, fungsional, dan kepraktisan.

“Disrupsi yang terjadi membuat desainer dan label harus lebih peka terhadap konsumen dan harus bisa beradaptasi terhadap digital agar mereka bisa menjadi unggul. Oleh karena itu, kita menyebutnya ‘Excellence in Disruption’. Agar tetap bisa relevan di tengah ketatnya kompetisi, setiap pelaku harus siap menghadapi perubahan disruptif ini,” ungkap Svida Alisjahbana, Ketua Umum JFW, sekaligus Direktur Utama GCM Group saat jumpa pers virtual, Rabu (3/11/2021).

Menghadirkan lebih dari 70 designer dan label Tanah Air yang dibalut ke dalam 16 show, para perancang dan label yang terlibat di JFW 2022 datang dari berbagai kutub yang mewakili segmen quirky ready-to-wear, ready-to-wear, premium ready-to-wear, luxury ready-to-wear, dan haute couture.

Tahun ini, JFW juga kembali diselenggarakan di Senayan City. “Sudah 9 tahun Senayan City bekerja sama dengan Jakarta Fashion Week dan ini bukan perjalanan yang singkat. Dipercaya sebagai official venue untuk JFW adalah privilege bagi kami. Bersama dengan JFW, kami sangat mendukung seluruh desainer lokal dengan memberikan ruang, yaitu Fashionlink, agar penggemar desainer ini bisa membeli produk mereka dan karya para desainer sendiri bisa tersalurkan dengan baik dari segi bisnis,” ungkap Jaclyn Halim, General Manager of Leasing & Marketing Communication Senayan City.

Bekerja sama dengan TikTok pun kembali dilakukan oleh JFW 2022, setelah tahun lalu kolaborasi keduanya menghasilkan jutaan impresi. Di tahun ini, TikTok menjadi platform untuk mengadakan audisi virtual JFW Model Search dan mendapat view 28 juta.

“Kolaborasi bersama JFW ini merupakan salah satu cara untuk menjembatani TikTok dengan para desainer atau label agar mereka bisa menyampaikan ceritanya di TikTok dan terhubung langsung dengan komunitas kreatif yang ada di TikTok. Di tahun ini, TikTok juga menjadi platform livestreaming JFW 2022 dengan menggunakan fitur terbaru TikTok, yaitu TikTok Live,” papar Angga Anugrah Putra, Head of Operations TikTok Indonesia.

Sejumlah institusi, baik nasional maupun internasional, seperti Enjoy Jakarta, Plus Jakarta, Istituto Marangoni, Indonesian Contemporary Art & Design, British Council, Institut Français, Erasmus Huis, Asia Model Festival Organizing Committee (AMFOC), dan Department of International Trade Promotion (DITP – Thai Trade Center, Jakarta) juga menjadi rekan JFW 2022 selama penyelenggaraannya.