DAERAH  

Cegah DBD, Warga di Pacitan Bersihkan Sarang Nyamuk

PACITAN, NUSANTARAPOS, -Untuk mengantisipasi warga agar terhindar dari gigitan nyamuk yang bisa menyebabkan demam berdarah dengue (DBD), petugas lapangan dari Puskesmas Pacitan mendatangi rumah-rumah warga, di Kelurahan Baleharjo.

Kedatangan para petugas kesehatan tersebut tidak lain untuk menindaklanjuti pelatihan Jumantik (Juru Pemantau Jentik) dan waspada Covid 19 yang telah digelar pada 3-6 November 2021, di salah satu rumah makan di Pacitan, dan diikuti seluruh kader di kecamatan kota.

Terlihat, sejumlah warga yang mendapat tugas dari Kelurahan Baleharjo secara serentak turun ke lapangan. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok yang kemudian mendatangi rumah-rumah warga setempat dan menuju ke tempat-tempat yang dinilai menjadi sarang atau tempat berkembangnya jentik-jentik nyamuk, seperti tampungan air, selokan dan sebagainya.

“Warga yang mendapat tugas dari kelurahan itu dibagi menjadi beberapa kelompok. Mereka didampingi oleh Bu Lurah, Bu Bidan dan petugas Puskesmas, untuk menangani rumah warga sesuai jadwal yang ditentukan,” kata Ambar, warga di RT 02, RW 02, Kelurahan Baleharjo, Minggu (7/11/2021).

Menurut Ambar, para warga (kader jumantik) tersebut bergerak sesuai arahan yang diberikan dari pihak puskesmas, seperti metode 3 M (menguras, menutup, mengubur).

“Menguras tampungan air, seperti bak mandi, dispenser, lemari es dan lainnya, serta menaburkan bubuk larvasida di tempat yang diperlukan,” terangnya, sembari menambahkan bahwa kegiatan itu akan terus ditingkatkan.