Pemancangan Bambu Runcing, Wujud Nyata Menghormati Pahlawan

  • Bagikan

MAGELANG, NUSANTARAPOS – Koramil 13/Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bantu pemasangan bambu runcing dan Logo Veteran RI, di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Dusun Gedongan, Desa Blondo, Kecamatan Mungkid, Rabu (10/11/2021).

Pada prosesi tersebut, dihadiri Danramil Mungkid, Kapten Arm Mashudi Piyoto beserta anggota, Ketua Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kecamatan Mungkid, Mayor Purn Subroto beserta anggota, Kapolsek Mungkid bersama anggota, perangkat Desa Blondo dan ahli waris Almarhum Warsinu, selaku penerima pemacangan bambu runcing.

“Pemasangan bambu runcing dan Logo Veteran RI ini diberikan kepada Almarhum Bapak Tarmudi, yang merupakan anggota Veteran RI, juga pejuang kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Danramil 13/Mungkid Kapten Arm Mashudi Pitoyo, Rabu (10/11/2021).

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dalam menghormati dan menghargai jasa-jasa almarhum Tarmudi. Lebih dari itu, kata dia, atas pengabdian almarhum kepada negara, juga patut menjadi teladan serta semangat bagi generasi muda penerus bangsa.

“Kegiatan seperti ini harus terus kita lakukan, sesuai norma-norma atau aturan yang telah ditetapkan. Di sisi lain juga akan memberikan rasa kebanggaan tersendiri bagi para ahli waris, sehingga masyarakat akan mempunyai kepercayaan yang tinggi terhadap pemerintah Republik Indonesia,” terang Danramil, menambahkan.

Sebagai informasi, pemancangan bambu runcing yang dilaksanakan oleh Koramil 13 Mungkid tersebut dilakukan di lima titik. Namun, secara simbolis kegiatan itu digelar di satu tempat, yakni di makam Dusun Gedongan, melalui upacara.

Adapun yang mendapat kehormatan pemacangan bambu runcing tersebut diantaranya, alm Basirun di TPU Randugunting Tengah, Desa Blondo, kemudian Alm Tarmudi di TPU Randugunting Utara desa blondo, Alm Jamhari di TPU Bercak Utara, Desa Blondo, Alm Warsinu di TPU Gedongan Gumuk, Desa Blondo dan Alm Kismo Utomo di TPU Gedongan (Mbah Gedong), di Desa Blondo. (pen)

Penulis: AgoesEditor: SIGIT
  • Bagikan