DAERAH  

Tak Kunjung Diperbaiki, Jalan Rusak di Oransbari Mansel Diduga Ada Pembiaran Dari Instansi Terkait

MANOWARI, NUSANTARAPOS -Kerusakan jalan di wilayah Oransbari Manokwari Selatan menjadi keluhan warga dan pengguna jalan. Kondisi jalan yang memprihatinkan tersebut dinilai warga sudah lama belum ada perbaikan dari dinas terkait.

Menurut Fery, seorang sopir yang kesehariannya mengangkut sembako ke wilayah Ransiki dan melintas di jalan tersebut mengaku, kondisi jalan tersebut banyak yang berlubang dan sebagian longsor hingga memakan badan jalan.

“Jalan tersebut sudah cukup lama belum diperbaiki. Sebelumnya kerusakannya belum terlalu parah, tapi sekarang sudah lebih parah dan cuma dibatasi pagar kayu yang kita lihat saat ini. Bahayanya lagi gorong-gorongnya sudah longsor karena hujan,” terang Fery, kepada Nusantarapos, Jumat (12/11/2021).

“Selain itu, warga juga sangat takut jika melintasi jalan tersebut karena jalan aspalnya sudah longsor, dan sudah memakan badan jalan,” sambungnya.

Padahal, lanjutnya, ia menilai bahwa setiap tahun ada anggaran pemeliharaan terkait jalan. Pihaknya menduga ada pembiaraan dari dinas terkait. “Seharusnya jalan ini sudah diperbaiki karena tiap tahun ada anggaran pemeliharaan dari pemerintah pusat. Tetapi sampai detik ini belum juga diperbaiki,” ujarnya.

Pihak desa, kata dia, sudah mengetahui kerusakan jalan tersebut dan sudah melakukan survei. Namun, hal ini bukan tanggung jawab dari pihak desa tetapi melainkan tanggung jawab pemerintah, dalam hal ini Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) 1 Manokwari.

“Dinas terkait harusnya ambil tindakan yang cepat sebelum ada korban di jalan yang rusak dan longsor tersebut, belum lama ini juga viral di media sosial anggota kepolisian dari satlantas polres manokwari selatan Patungan biaya untuk tambal jalan berlubang yang ada di wilayah jalan poros mansel dan ada sekitar 22 titik yang dikerjakan,” ungkap Fery, yang juga warga setempat.

Di samping itu, Fery menceritakan bahwa sebelumnya ada berita viral di media sosial mengenai kecelakaan lalu lintas. Pihak Satlantas Polres Manokwari Selatan (Mansel) menyelesaikan 3 Laporan Polisi (LP) terkait kasus kecelakaan lalu lintas akibat jalan berlubang. Ketiga kasus tersebut diketahui terjadi di ruas jalan Kampung Wedoni hingga Gunung Bembab, Distrik Oransbari, Kabupaten Mansel.

“Dengan berita viral tersebut, harusnya dinas terkait cepat ambil tindakan, dan jangan menunggu, nanti akan bertambah angka laka lantas di ruas jalan yang rusak itu,” tegas Fery, menambahkan.

Hingga berita ini ditayangkan, Nusantarapos telah mencoba menghubungi instansi terkait. Namun belum ada tanggapan untuk dimintai keterangan terkait jalan rusak tersebut.

Penulis: USMANEditor: SIGIT