Partai Gelora Dampingi UMKM di Cirebon Peroleh Izin Usaha

CIREBON,NUSANTARAPOS,,- Ketua Bidang UMKM dan Ekonomi Keluarga (Ekkel) DPN Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Srie Wulandari menggelar pelatihan dan pendampingan terkait perizinan legalitas usaha, bagi para UMKM di Desa Bojonggebang, Babakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Pelatihan dan pendampingan tersebut, diketahui merupakan lanjutan program peningkatan Neraca Rumah Tangga dari Bidang UMKM dan Ekonomi Keluarga Partai Gelora.

“Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan yakni pelatihan membuat NIB (Nomor Induk Berusaha),” ujar Srie Wulandari, dalam keterangan resminya, Minggu (14/11/2021).

Menurut Wulan, begitu ia disapa, dengan adanya pendampingan tersebut akan mendorong pelaku UMKM teregristrasi legalitas usahanya. Sehingga mendapat jaminan perlindungan hukum dan bisnisnya semakin terpercaya, serta memiliki potensi untuk berkembang.

“Hal ini pastinya sejalan dengan dengan komitmen kami dalam mendukung peningkatan UMKM, agar dapat menjadi pilar ekonomi Indonesia,” katanya.

Menurutnya, selama enam bulan ke depan, tim bidang UMKM dan Ekkel yang ada di seluruh DPW secara serentak akan fokus terhadap pendampingan UMKM, untuk mendaftarkan legalitas usaha para UMKM di wilayahnya.

“Target sebanyak 500 UMKM dapat memperoleh nomor induk berusaha (NIB),” imbuh Wulan, yang juga merupakan penggagas YESprenaur.

Untuk diketahui, pelatihan tersebut dihadiri oleh sejumlah komunitas dari pengusaha batik, pengusaja tas kulit , katering, sulaman rajut dan usaha kuliner lainnya yang ada di desa Bojonggebang.

Pada pelatihan tersebut, ditutup dengan penyerahan cinderamata dari YESprenaur kepada ketua-ketua komunitas yang disaksikan oleh Sri Wanayati ,Sekretaris DPD Kabupaten Cirebon, Partai Gelora.