Dibantu 30.000 Dosis Vaksin dari Koarmada II, Pemkab Trenggalek Optimis Menuju Level 1 PPKM

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Target 70 persen capaian vaksinasi Covid-19 di akhir tahun 2021 nampaknya bisa diraih Kabupaten Trengggalek. Hal itu karena Trengggalek kembali mendapat jatah dosis vaksin dari TNI Angkatan Laut Komando Armada II (Koarmada II).

Sebanyak 30 dosis vaksin yang diberikan kali ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Armada Republik Indonesia tahun 2021. Sedangkan pelaksanaannya akan diberikan kepada masyarakat untuk vaksinasi dosis pertama maupun kedua.

“Alhamdulillah Trengggalek kembali mendapatkan bantuan 30 ribu dosis vaksin dari TNI AL Koarmada II,” ucap dr. Saeroni Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana, Kamis (9/12/2021).

Saeroni juga menyampaikan saat ini capaian vaksinasi Covid-19 di Trenggalek masih di angka sekitar 64 persen, sedangkan untuk mencapai target penurunan level PPKM harus terpenuhi 70 persen capaian.

Dari rincian tersebut, pihaknya menghitung jika saat ini Trengggalek sudah masuk level dua PPKM, maka target akhir tahun untuk menuju level satu PPKM maka Trenggalek masih membutuhkan sekitar 30 ribu dosis vaksin Covid-19.

“Dengan perhitungan itu, bantuan vaksin ini sangat membantu harapan kita. Sedangkan sebaran vaksinasi nanti akan dilaksanakan terpusat di pasar pon serta disebar ke 22 puskesmas,” tuturnya.

Sementara itu, Panglima Koarmada II Laksmana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto mengatakan bahwa serbuan vaksinasi kali kedua di Kabupaten Trenggalek ini sebagai bentuk silaturahmi yang tak akan pernah putus.

“Hari ini kami datang kedua kalinya untuk melakukan vaksinasi, yang pertama dulu adalah tanggal 31 Agustus pada saat hari kebesaran Kabupaten Trenggalek,” tuturnya.

Dijelaskannya pula, kedatangan ini adalah sebagai rasa persahabatan, silaturahmi yang tidak terputus antara Koarmada II TNI Angkatan Laut dengan Kabupaten Trenggalek.

Ini juga sebagai wujud keberadaannya, kecintaannya sehingga datang kembali ke Trengggalek. Meski ada keterlambatan namun pihaknya tetap kami konsisten untuk bisa melaksanakan vaksinasi di Kabupaten Trenggalek.

“Kami juga optimis bahwa 30 ribu dosis dapat terselesaikan dalam satu hingga dua hari ke depan,” kata Laksda Iwan.

Diterangkan Laksda Iwan, selain terpusat di Pasar Pon pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini juga didistribusikan ke 22 puskesmas di Kabupaten Trenggalek.

Disampaikannya bahwa ada pesan dari Kepala Staf Angkatan Laut dimana agar semua selalu menjada imunitas, menjaga protokol kesehatan, walaupun sudah divaksin satu atau dua kali tetap yang paling utama adalah untuk tidak lupa menggunakan masker. (Rudi)