News  

PWNU Papua : Isu Rais Syuriah PCNU Yahukimo Dibacok Tidak Benar

Ketua Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Papua Dr. H. Toni Wanggai bersama Ketua PCNU Yahukimo, Dr. Umar Makku saat memberikan keterangan pers.

Papua, NUSANTARAPOS.CO.ID – Terkait dengan adanya berita yang merebak viral atas tewasnya Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Yahukimo, Papua atas nama Kiai Suwito yang dibacok oleh KKB pada, Jumat (24/12/2021) kemarin.

Maka Ketua Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Papua Dr. H. Toni Wanggai bersama Ketua PCNU Yahukimo, Dr. Umar Makku yang baru saja mengikuti Mukatmar NU di Lampung, perlu mengklarifikasi berita tersebut agar tidak salah dipahami publik.

Kata Toni, tidak benar bahwa Kiai Suwito adalah Rais Syuriyah Kab. Yahukimo tetapi Suwito masih tetap sehat dan menjabat Ketua HKJM (Himpunan Keluarga Jawa Madura) di Yahukimo.

“Sementara yang menjadi korban adalah almarhum bernama Yatiman alias Ngatiman Hadi asal Jember warga kultural NU di Yahukimo,” katanya dalam keterangan pers Sabtu (25/12/2021) malam.

Ketua PWNU telah mengkonfirmasi langsung kepada Kapolda Papua dan Kapolres Yahukimo, membenarkan berita itu bahwa kejadian tersebut terjadi pada Jumat (24/12/2021) siang.

Kronlogis Kejadian

Adapun kronologis kejadiannya bahwa almarhum Ngatiman dibacok kepalanya oleh Orang Tak Dikenal (OTK) di kebunnya di Kali Brasa Distrik Dekai, Yahukimo sehingga menyebabkan beliau meninggal dunia.

Sementara pelaku sedang dalam pengejaran. Dan jenazah almarhum Ngatiman telah dipulangkan ke kampung halamannya di Jember, Jawa Timur.

Toni berharap dengan kejadian ini, umat Nadliyin dan umat Islam dimana saja berada agar tidak terprovokasi dan tetap tenang demi menjaga kedamaian dan kerukanan antar umat beragama di Tanah Papua khususnya dan di Indonesia pada umumnya, apalagi di tengah perayaan Hari Natal.

“Kasus ini kita serahkan sepenuhnya kepada pihak Kepolisian untuk segera menangkap pelaku dan diproses hukum seberat beratnya agar tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat,” tegasnya.

Lanjut Toni, dengan adanya penjelasan dari kami ini semoga teman-teman media bisa lebih jelas karena sebelumnya ada beberapa berita yang memuat judul seolah-olah Kiai Syuriah PCNU Yahukimo diserang hingga tewas.

“Semoga ke depan teman-teman media lebih dulu mencari sumber keasliannya, jangan asal viral lalu ditayangkan. Padahal informasi tersebut belum jelas asal usulnya,” ungkapnya.

Penjelasan Polda dan Kapendam XVII/Cendrawasih

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal menjelaskan bahwa informasi yang telah beredar adalah hoax.

“Berdasarkan informasi dari Kapolres Yahukimo tidak ada penyerang oleh KKB di Yahukimo. Selain itu PCNU Yahukimo memang belum terbentuk namun namanya menang sudah ada, sementara bapak itu (Kiai Suwito) dalam keadaan sehat,” jelas Kabid Polda Papua, Sabtu (25/12/2021).

Sementara itu Kapendam XVII/Cendrawasih Kol. Inf. Aqsha Erlangga mengatakan hal yang sama.

“Tidak ada laporan penyerangan terhadap Kiai NU di Yahukimo, yang ada penyerangan orang tak dikenal terhadap warga sipil. Jadi infonya tidak benar itu,” pungkas Kapendam.