oleh

GO-JEK Ajari Mitra Perempuan Keselamatan Berkendara

Jakarta, NusantaraPos – GO-JEK berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Queenrides mengadakan safety riding workshop khusus untuk para mitra driver perempuan GO-JEK. Pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan keselamatan berkendara dan juga pelayanan kepada pelanggan.

Dalam sambutannya pada kegiatan pelatihan yang digelar hari ini, Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI, mengatakan “Kami sangat concern sekali berkaitan dengan keselamatan karena dalam motto kami “safety is a must,” keselamatan adalah suatu keharusan,” kata Menhub di Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Ia pun menambahkan bahwa kesadaran keselamatan haruslah dimulai dari hal-hal yang kecil. “Dari hal yang kecil seperti pakai helm dan mengatur kecepatan, itu dua hal yang pokok. Kalau dua hal yang pokok itu sudah dilakukan, ada suatu riset yang mengatakan bahwa keselamatan itu akan diperoleh,“ ujar Menteri Budi.

Shinto Nugroho, Chief Public Policy and Government Relations GO-JEK mengatakan, “Sejak awal telah menjadi komitmen GO-JEK untuk terus mengedepankan keselamatan dan keamanan mitra driver serta penumpang. Pelatihan keselamatan berkendara yang kami adakan bersama Kemenhub dan Queenrides ini merupakan bentuk komitmen tersebut sekaligus dukungan kami terhadap pemerintah untuk mewujudkan layanan transportasi yang aman dan selamat bagi mitra dan penumpang,” ungkapnya.

Shinto memaparkan pelatihan ini juga bertujuan untuk menghilangkan keraguan penumpang terhadap keterampilan mitra driver perempuan dalam mengendarai motor dengan aman dan selamat. Apalagi berdasarkan data internal GO-JEK, cancellation rate mitra driver perempuan dari konsumen lebih tinggi 2.7% dibandingkan mitra driver laki-laki.

“Persepsi seperti ini bisa berpengaruh pada kesempatan mitra driver perempuan dalam mendapatkan pendapatan. Padahal, mereka memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni dalam mengendarai motor dengan aman serta menjaga keselamatan penumpang,” jelas Shinto.

Menteri Budi pun mengatakan, “Saya pikir apa yang kita lakukan sekarang ini merupakan bagian dari mengkampanyekan bahwa ibu-ibu memiliki kemampuan yang sama dengan pria. Jadi, yang penting pertama kali adalah rasa percaya diri. Kalau kita percaya diri, kita akan bisa kendalikan motor kita dengan baik.“

Dalam mengadakan pelatihan ini, Queenrides dipilih karena telah memiliki pengalaman yang mendalam dan pendekatan khusus untuk pelatihan berkendara kepada perempuan.

Queenrides adalah start-up yang berfokus untuk memberdayakan perempuan agar berkendara aman untuk keselamatan dirinya, keluarga, dan lingkungan. Materi yang disediakan oleh Queenrides beragam mulai dari dasar-dasar berkendara hingga tips merawat kulit agar tetap sehat meski menghabiskan waktu di jalan.

Pelatihan ini diikuti oleh hampir 100 mitra driver perempuan GO-JEK. Dalam pelatihan tersebut para mitra akan menerima sosialisasi keselamatan dan peraturan lalu lintas oleh Kementerian Perhubungan, serta berbagai tips berkendara selamat, mulai dari atribut berpakaian ketika mengendarai motor hingga postur tubuh di atas motor dari Queenrides. (RIE)

Komentar