TMMD  

6 Unit Rumah di Desa Poncol Peroleh Bantuan RTLH Program TMMD ke 104 Tahun 2019

Magetan, Gelaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 104 tahun 2019 di Wilayah Kodim 0804 Berjalan dua pekan mencapai hasil 60% masih berlangsung di Poncol Kec Poncol Kab Magetan.

Dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak pada Senin (26/02/2019) lalu, program kemanunggalan TNI dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan dilaksanakan di Desa Poncol, Kecamatan Poncol.

Selain kegiatan fisik, program ini juga menyasar ke program non fisik berupa Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Sebanyak 6 rumah akan mendapat bantuan rehab RTLH yang akan membantu masyarakat membangun hunian mereka.

 

Dijelaskan Kades Poncol Didit bahwa untuk Desa Poncol mendapat bantuan RTLH untuk 6 orang warganya yang tersebar di 6 dukuh.

“Ada 6 unit rumah yang akan mendapat program ini yang dibagikan ke 6 warga di 6 dukuh,” ungkap Didit saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/03/2019).

Selanjutnya, sampaikan bahwa bantuan senilai Rp 10 juta per unit rumah ini langsung diberikan kepada penyedia bahan bangunan untuk dikirim dan dipergunakan oleh masyarakat.
“Berbeda beda untuk setiap unit rumah. Tergantung dengan tingkat kebutuhan warga untuk tehab rumah,” jelasnya.

Sehingga, dengan adanya pemberian bantuan yang sesuai dengan kebutuhan ini diharapkan mampu sedikit membantu mengentaskan kemiskinan.

Sekaligus juga bisa meningkatkan kesejahteraan warga Desa Poncol.
Salah satu warga yang mendapat bantuan rehab RTLH, mbah Simah mengaku senang dengan bantuan yang didapatnya, sehingga dia tidak perlu resah apabila musim hujan datang, terlebih saat ini pondasi rumahnya dibangun lebih tinggi dari sebelumnya.

“Dulu setiap hujan, rumah saya selalu terendam air, karena memang rumah saya paling rendah jika dibandingkan dengan tetangga,” jelas mbah Simah.

Selain mbah Simah warga Desa Poncol, terdapatlima orang lain yang juga mendapat program yang sama. (TSRMDC0804)