DESA  

Alokasi Dana APBN Siap di Cairkan Bulan Depan,Dana Desa Kabupaten Jember Rp 319.829 Miliar

Jember, Nusantarapos.co.id – Penyampaian Terkait Pencairan Alokasi Dana APBN Yang Mau di Cairkan Bulan Depan, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Jember DIRGOHAJU WIDODO dalam Rapat Bersama Forkopimda dan Pimpinan OPD Kabupaten Jember berlangsung di Dira Caffe Balung memberikan Sinyal Kepada Pemkab Jember terkait tentang Alokasi Dana APBN Kabupaten jember sebesar 5,2 trilyun rupiah.

Menurut Dirgo, panggilan Akrab Dirgohaju Widodo, pihaknya yang mempunyai tugas melakukan pencairan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) telah menyiapkan anggaran tersebut dan telah tertuang di dalam dokumen pelaksana anggaran DIPA (Daftar Isian Pelaksana Anggaran) tahun ini.

“Sementara itu, Dana APBN yang siap disalurkan ke Kabupaten jember dari 5,2 Trilyun tersebut merupakan Belanja Negara meliputi Belanja Pemerintah Pusat 2,3 trilyun,Belanja Pegawai 864 milyar,Belanja barang 912,8 milyar,belanja modal 527,7 miliar, dan berupa bantuan sosial 16,6 miliart rupiah, ” tegasnya.

Sedangkan Transfer ke Daerah sebesar 2,898 trilyun di peruntukan Dana Bagi Hasil 75,9 miliar, Dana Alokasi Umum (DAU)1,7 trilyun, Dana Transfer khusus(DTK) 709,915miliar, meliputi Dana Alokasi khusus fisik 125,885 miliar dan Dana Alokasi khusus nonfisik sebesar Rp 584 miliar rupiah.

Sementara itu untuk Dana Desa (DD) yang juga siap di cairkan sebesar 319,829 miliar rupiah untuk seluruh desa di kabupaten jember.

Dirgo juga mengingat kepada Pihak Penerima Dana Hibah ini agar dipergunakan Sesuai SOP, penyampainya dan sekaligus wanti-wanti agar dana tersebut bisa terserap semua melalui satuan kerja (satker) vertikal masing-masing.

Dikatakan bahwa KPPN yang utama adalah melakukan penyaluran atau pencairan dana, yang tertuang di dokumen DIPA. “Berdasarkan permintaan satker, KPPN melakukan pencairan, dan dipersilahkan juga para Satker jika perlu diskusi sebelum pencairan dan kami siap membantu,” ungkap Dirgo.

Diharapkan, untuk komposisi penggunaan Dana khususnya untuk DAK Fisik agar juga menjadi perhatian sebagai upaya pemerataan infrastruktur di wilayah Kabupaten Jember.

”Menjaga dan Merawat Insfastuktur berarti Ikut Menjaga Amanah Rakyat, kita ikut Menjaga Uang Rakyat Kita Kembalikan Kepada Rakyat inilah Asas Demokrasi yang diterapkan Di Negeri ini Asal dari Rakyat di kembalikan Kepada Rakyat, ” pungkasnya.(Trisno)