banner 970x250
DESA  

Kelurahan Tegal Besar Jember Ikuti Lomba Desa/Kelurahan Berseri Jatim 2024

Jember, Nusantarapos.co.id – Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates mengikuti lomba Desa/Kelurahan Berseri 2024 Tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan oleh DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Provinsi Jatim 2024.

Dari 30 Desa/Kelurahan yang diseleksi DLH Kabupaten Jember, Kelurahan Tegal Besar dinilai layak untuk mewakili Kabupaten Jember.     

“Tahun 2024 ini, kami mengajukan Kelurahan Tegal Besar untuk menjadi wakilnya Jember. Kami menilai, Kelurahan Tegal Besar layak walaupun ini baru pertama kalinya,” terang drh. Sugiharto, Msi Kepala DLH Kabupaten Jember, Jumat (31/5/2024).                                                
Menurut Sugiharto, ada 30 Desa dan Kelurahan yang diseleksi untuk memilih Desa/ Kelurahan yang layak dan siap mengikuti lomba kebersihan tingkat Jawa Timur.                                               
“Kelurahan Tegal Besar-lah yang layak dan siap maju sebagai wakil dari Kabupaten Jember dalam penilaian lomba tahun 2024 ini,” katanya.                                     
Pihaknya berharap, dengan lomba ini bisa menjadi motivasi bagi yang lain. “Penilaian ini bisa menjadi motivasi bagi masyarakat dan bagi RT/ RW agar bisa menyelesaikan  masalah sampah secara bersama- sama di lingkungannya,” ungkapnya.                  
Menurut Tri Wahyu Nugroho selaku Koordinator Tim Penilai dari DLH Pemprov Jatim yang di dampingi praktisi lingkungan Jawa Timur, bahwa penilaian ini, capaian lomba ini ada Pratama, Madya dan Mandiri.    
“Kelurahan Tegal Besar ini baru pertama kali, masih awal menuju Pratama karena masih baru. Hari ini, yang dipantau nanti di 2 RW dan 4 RT,” ucapnya.              

Moch. Suryadi Camat Kaliwates, menyampaikan bahwa indikator penilaian yang disampaikan oleh pak lurah tadi, juga dari ibu – ibu yang punya kegiatan Bank Sampah di RT/RW, berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat juga berdampak secara ekonomi. 

“Insya Allah apa yang disampaikan tadi, yang dilakukan ibu-ibu juga oleh RT/RW disini, bermanfaat. Sekarang ini, dinilai oleh tim penilai tingkat Provinsi Jatim,” paparnya.                                                 
Sebagai Lurah Tegal Besar, Thomas Heru Kurniawan, SP sangat mengapresiasi kegiatan masyarakat yang peduli sampah dan bisa lolos untuk mengikuti penilaian lomba tingkat Jatim mewakili Jember. 

“Kelurahan Tegal Besar dinilai layak dan siap setelah mengikuti seleksi dari DLH Jember, yang ikut seleksi banyak. Tadi disampaikan oleh Kepala DLH Jember, ada 30 Desa /Kelurahan yang di seleksi. Kita optimis dalam lomba Tingkat Jawa Timur ini,” jelasnya.                                             
Ke depan, pihaknya berharap bersih-bersih ini tetap terus dilakukan bukan karena ada lomba. Kebersihan bukan karena ada lomba.                                    
“Kita terus berbersih-bersih tiap hari jumat, supaya lingkungan lebih bersih lagi,” pungkasnya. (Trisno)