TMMD  

AKSELERASI PEMBANGUNAN DI KELURAHAN DUASUDARA WILAYAH KOTA BITUNG

BITUNG – Dengan adanya TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung di Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara dalam melaksanakan pembangunan, terasa semakin cepat.

Dilihat dari segi infrastrukturnya, Kelurahan Duasudara relative jauh tertinggal dibanding desa-desa lain di Kota Bitung. Padahal secara teritorial Kelurahan Duasudara berada di lokasi yang sangat strategis. Desa ini berbatasan langsung dengan hutan kawasan wisata alam batuhputih.

Melalui kegiatan TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung ini, telah banyak dilaksanakan berbagai kegiatan baik pada sasaran fisik maupun sasaran non fisik dengan harapan kegiatan TMMD bisa berjalan dengan baik dengan dukungan seluruh lapisan masyarakat untuk menuju Kelurahan Duasudara yang lebih maju.

Di kegiatan Satgas TMMD ke-105 ini Kodim 1310/Bitung mengerahkan 150 personel yang terdiri dari TNI, Polri dan instansi terkait dibantu masyarakat setempat.

Adapun sasaran pokok meliputi jalan dan plat duicker, serta sasaran fisik lainnya yaitu kantor tiga pilar, bedah rumah dan penimbunan halaman sekolah di program TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung.

Kalau kita lihat di lapangan, sebelum pelaksanaan pengerjaan perintisan jalan penghubung, kondisinya masih berupa jalan setapak, kalau hujan dipastikan akan becek dan berlumpur dengan medan yang sulit dilalui baik pejalan kaki maupun kendaraan roda dua. Kini warga bersyukur karena jalan itu sudah berubah dan tidak seperti dulu lagi.

Untuk sasaran non fisik di bidang kesehatan masyarakat yakni penyuluhan tentang kesehatan dan pengobatan massal, penyuluhan tentang KB, perencanaan perkawinan dan menghindari perkawinan usia dini serta pengobatan massal.

Pada bidang pertanian, perikanan, perkebunan serta peternakan, yakni penyuluhan tentang pertanian dan perkebunan, dan cara membudidayakan ikan lele dan juga ayam kampung. Untuk bidang hukum, bela negara dan kamtibmas, bahaya narkoba dan wawasan kebangsaan juga dilaksanakan satgas TMMD ke-105.

Sasaran non fisik ini untuk meningkatkan SDM masyarakat. Untuk pendidikan karakter masyarakat juga akan diberi wejangan soal bela negara dari TNI, hal ini dilakukan untuk menciptakan keamanan wilayah yang kondusif.