TMMD  

Memiliki kemampuan awal bela negara

JATISARI,  –  Satgas TMMD ke-104 TA. 2019 Kodim 0507/Bks, Korem 051/WKT Kodam Jaya menggelar kegiatan Non Fisik penyuluhan sosialisasi Bela Negara pada Siswa -Siwi SMP Permata Sakti di Jalan Murai Raya  No 66 Perum Pondok Gede Permai Kelurahan Jati Rasa Kecamatan Jati Asih Kota Bekasi pada hari Kamis (14/03)

Sosialisa kegiatan Bela Negara ini dalam materinya disampaikan Kapten Inf. Alit Gusiantoro dari Bagian Pembinaan Mental Kodam Jaya

“Dengan Semangat Bela Negara Kita Membangun Karakter Bangsa Untuk Meningkatkan Persatuan Dan Kesatuan.” kata Alit pada Siswa /i SMP Permata Sakti di ruang kelas .

Alit menjelaskan Indonesia memperoleh kemerdekaan melalui perjuangan dengan mengorbankan harta, benda, darah, dan nyawa dan bukan pemberian dari bangsa lain.

” Sebagai generasi penerus, semuanya harus bangga dan meneladani para pahlawan yang gagah berani melawan penjajah, untuk membebaskan diri dari belenggu penjajahan.” Ujarnya

Alit mengatakan  , pemberian materi Bela Negara ini bagi siswa dengan  tujuan untuk menyiapkan generasi muda yang tangguh dan tidak terjebak oleh hal-hal yang membahayakan diri si pemuda, seiring dengan perkembangan jaman.

Lebih jauh Alit menjelaskan bahwa Bela Negara tidak identik dengan memanggul senjata atau militerisme, 5 nilai dasar Bela Negara yaitu Cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara. Keyakinan Pancasila sebagai falsafah dan ideologi Negara. Rela berkorban untuk bangsa dan negara.

” Memiliki kemampuan awal bela negara ” secara fisik maupun non fisik. Bela negara adalah sikap dan tindakan para generasi muda dan warga negara yang didasari oleh kecintaan pada negaranya, untuk melindungi dan mempertahankan negaranya dari berbagai macam ancaman, baik ancaman dari dalam negeri maupun ancaman dari luar negeri. ” tegasnya

Sementara Salah satu pelajar Wati (14) pada saat mengikuti sosialisasi ini mengatakan sagat tertarik dan sagat baik dalam  penyampaian ini serta mengingatkan kami  sebagai pelajar generasi muda.

” Terus terang Kami semua siswa yang mengikutinya sagat antusiasme mendengarkannya. Apalahi untuk menyiapkan generasi muda yang tangguh dalam  membela NKRI.Dan Kami pun di ingatkan menghargai jasa – jasa Pahlawan ” tegas Wati