TMMD  

Vitamin dan Obat Cacing Diberikan Dinas Peternakan Pemalang di TMMD

Pemalang – Turut mensukseskan pembangunan TNI melalui TMMD Reguler 104 Kodim 0711 Pemalang, Dinas Peternakan Kabupaten Pemalang juga memberikan vitamin, obat cacing serta obat kulit dan salep mata pada ternak masyarakat Desa Parunggalih Kecamatan Bodeh. Senin (18/3/2019).

Kegiatan berbarengan dengan penyuluhan ternak yang diberikan Ir. Joni, Kabid Pencegahan Dinas Peternakan Kabupaten di Pendopo Balai Desa Parunggalih, desa tetangga sasaran TMMD, Desa Jatiroyom. Disampaikan drh. Hafiz disela-sela pemberian vitamin dan obat cacing bahwa, pakan ternak kambing dan juga kebersihan kandang merupakan dua faktor dari banyak faktor yang menyebabkan kambing mudah terserang cacingan.

“Kematian pada kambing rentan terjadi pada usia sapih dan salah satu penyebabnya adalah cacingan. Hal ini harus benar-benar diperhatikan para peternak agar tidak terjadi kerugian kedepannya,” ucapnya.

Lebih dalam dikupasnya, untuk mendapatkan kambing berkualitas sehingga bernilai ekonomis diperlukan pemberian nutrisi tambahan berupa vitamin dan mineral yang tidak didapat dari makanan sehari – hari. Pemberian zat seng (Zn) dan Chromium (Cr) yang dicampur dengan kubis, dapat meningkatkan bobot ternak, meningkatkan reproduksi dan menurunkan angka kematian ternak pada saat dilahirkan atau melahirkan.

Vitamin A pada hewan ternak kambing dapat menjaga kondisi mata, pertumbuhan dan perkembangan, D untuk penyerapan kalsium, memperkuat tulang dan gigi. Untuk vitamin K berfungsi mempercepat proses pembekuan darah dan menjaga kesehatan pasca melahirkan, vitamin E sebagai antioksidan, meningkatkan bobot dan mempermudah pencernaan pakan.

“Matahari pagi hari adalah sumber vitamin D yang bagus, sehingga saya anjurkan peternak disini untuk menggembala ternak ke padang rumput antara pukul 7-10 WIB, terutama kambing usia sapih. Jadi vitamin bukan hanya untuk manusia saja,” pungkasnya. (Aan Pendim Pemalang).