Daerah Kekeringan, Pemkab Prioritaskan Pembangunan

oleh -

Tegal – Camat Suradadai, Tri Guntoro tinjau kekeringan yang ada di Desa Jatimulya, Kecamatan setempat. Disebutkannya bahwa kekeringan terus berlangsung setaip tahunnya.

Kondisi geografi dan struktur tanah menjadi alasan utamanya. Program yang dikucurkan untuk musibah tahunan itu juga sudah dipriorotaskan. Namun hasilnya juga kurang maksimal.

“kalau program sudah ada, namun kondisi tanahnya emmnag sulit di bor air, “ katanya.

Lanjutnya, jalan satu-satunya yang mampu mengangkat kebutuhan air hanyalah pembuatan embung air. Pembuatannya itu juga membutuhkan koordinasi di segala aspek dan sektor Pemkab Tegal.

“dana juga besar, wilayah nya juga tidak mungkin di sini, maka harus dibuatkan embung jalan sementara untuk maslah ini, “ ungkapnya.

Diketahui, pembagian air bersih dikarenakan kebutuhan air sangat tinggi. Sedangkan keseterdiaan air bersih di desa tersebut sangat kurang. Diduga karena debit mata air berkurang. Kekeringan yang sudah terjadi hampir 2 bulan terakhir menjadi penyebabnya.

Musim kemarau di awal tahun 2019 ini, terjadi sangat mensusahkan. Selain air yang ada di irigasi cepat mengering, juga karena kebutuhan air untuk pertanian juga sangat tinggi. Dalam sehari, sedikitnya 30 liter dibutuhkan untuk setiap warga.

Untuk itu, warga rela antri hanya sekedar memperoleh air bersih yang diadakan oleh Kodim Tegal. Nampak Danramil Suradadi, Kapten Jamal sedang membagian air bersama jajaran Polres Tegal. (Pendim).