Desa Blukbuk Jadi Lokasi TMMD, Warga: Banyak Pejabat Datang

oleh -

Warga Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang mendapatkan berbagai pengalaman sejak desa tersebut menjadi lokus program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa tahun 2019 ini.

Selain jalan desa mereka dicor oleh Satuan Tugas (Satgas) TMMD, kehadiran para pejabat pemerintahan, Polri dan TNI ke lokasi, menjadi kebanggaan mereka.

Maemunah, 45, mengatakan, kehadiran para pejabat itu membuatnya merasa lebih dekat dengan perancang dan pengambil kebijakan itu.

“Senang sekali mereka mau datang ke kampung kami. Kampung kami jadi lebih dikenal, kami juga jadi merasa lebih dekat dengan para pejabat itu,” katanya, Rabu (17/1/2019).

Bagi Maemunah yang hanya seorang ibu rumah tangga, bisa bertemu orang-orang penting itu menjadi momen berharga. Karena kesempatan demikian baginya sangat langka.

“Mereka jadi tahu kondisi di sini, jadi bisa tahu dan merasakan kehidupan kami,” tambahnya.

Program TMMD bagi ibu tiga anak dan dua orang cucu ini, bukan sekedar manfaat pembangunan fisik yang dirasakan warga setempat, melainkan juga jalinan silaturahmi antara personel Satgas dengan warga setempat.

“Jadi lebih banyak mengenal anggota TNI, pejabat pemerintahan dan Polri,” ucapnya.

Sebelumnya, pada saat pembukaan program yang dibesut Kodim 0510/Tigaraksa itu, hadir para pemangku kepentingan seperti Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Kepala Penerangan Kodam Jayakarta (Pengdam Jaya) Kolonel Infantri Jacky Ariestanto, Komandan Korem (Danrem) 052/Wijayakrama Kolonel Inf Tri Budi Utomo, Komandan Kodim (Dandim) 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon, Kepala Kepolisian Resort Kota (Polresta) Tangerang Kombel Pol Sabilul Alif, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Banten Enong Suhaeti, Camat Kronjo.

Warga menyambut antusian rombongan dengan membaur bersama. Mereka berebut bersalaman bahkan berswafoto.

Suasana kebersamaan TNI dan rakyat pun jelas terlihat. wajah warga dan personel TNI serta pejabat di Pemerintahan Kabupaten Tangerang tampak sumringah.

“Bapak dan ibu, TNI membangun desa bapak dan ibu di sini. Apakah bapak dan ibu merasa senang?” tanya Bupati Tangerang kepada warga yang disambut dengan teriakan kata “senang” serentak, saat itu.

Para pejabat itu pun tak sungkan berkeliling desa dengan berjalan kaki. Mereka meninjau langsung lokasi pembangunan fisik jalan desa dalam program TMMD tersebut. Suara gelak tawa sepanjang perjalanan itu terus terdengar.

“Kita memulai kegiatan ini dengan perasaan gembira. Rakyat menyambut kegiatan ini dengan hati gembira pula. Kehadiran TNI di desa ini membawa kegembiraan rakyat,” ujar Komandan Kodim (Dandim) 0510/Tigaraksa Lekol Infantri Parada Wartanusantara Tampubolon.

Kepala Penerangan Kodam Jayakarta (Pengdam Jaya) Kolonel Inf Kristomei Sianturi mengucapkan terima kasih atas sambutan warga.

“Sambutan warga yang antusias atas kehadiran TNI bukti bahwa TNI dicintai oleh rakyat,” katanya.

Ia juga mengatakan, sinergitas TNI dan rakyat menjadi pondasi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karenanya, TMMD menjadi wahana menjaga soliditas tersebut.

“TMMD berhasil karena manunggalnya TNI dan rakyat. Demikian pun dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, TNI dan rakyat tak bisa terpisahkan,” tukasnya.

Dandim 0510/Tigaraksa yang juga Komandan Satgas (Danstagas) TMMD 105 Kronjo mengatakan, sambutan antusias warga tak lain karena mereka bahagia dengan kehadiran TNI melalui program tersebut.

“Kebahagian itu terpancar dari setiap wajah warga yang kami temui. Mereka merasakan atmosfer kebersamaan dan kekeluargaan. Inilah wujud manunggalnya TNI dan rakyat,” kata Parada. #Kodim 0510 Tigaraksa.