Kapendam Jaya: Disela Pengecoran Jalan, Satgas TMMD Bekali Keterampilan Berbaris Kepada Anak Desa Blukbuk

oleh -

Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kodim 0510/Tigaraksa memberikanlatihan keterampilan berbaris kepada anak-anak Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang Kamis (25/7/19).

Kegiatan itu dilakukan diwaktu istirahat angota Satgas, di jalan desa yang menjadi sasaran fisik berupa pengecoran.

Anak-anak selepas bersekolah itu pun tampak riang melaksanakan setiap instruksi yang disampaikan Sersan Wayan. Mereka berdiri dengan sikap sempurna. Mengikuti instruksi demi instruksi dan contoh yang diberikan, lalu mereka langsung praktikan bersama-sama.

Setiap kesalahan yang dilakukan, Wayan memberikan ‘hukuman’ mendidik kepada anak-anak itu yakni menyayikan satu lagu kebangsaan.

Wayan mengatakan, waktu luang selalu dimanfaatkannya untuk bercengkrama dengan anak-anak. Berbagai hal dilakukan agar anak-anak Desa Blukbuk itu mendapatkan pengetahuan baru. “Hari ini mereka latihan baris-berbaris. Tujuannya agar mereka lebih memahami aturan baris-berbaris, meski di sekolah sudah mendapatkannya,” kata Wayan.

Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon mengapresiasi kegiatan yang dilakukan personelnya itu. “Baris berbaris sangat baik untuk melatih disiplin, konsentrasi dan kepemimpinan anak-anak. Kegiatan ini sangat baik sekali,” kata Parada.

Secara terpisah, Kapendam Jaya Kolonel Inf Kristomei juga mengapresiasi kreatifitas Satgas TMMD. Ia menilai, hal itu sejalan dengan tujuan TMMD yakni menanamkan nilai-nilai bela negara kepada masyarakat terutama generasi muda. Selain itu lanjutnya, kegiatan tersebut sebagai media untuk mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat.

Kristomei menilai, Satgas TMMD dapat memanfaatkan waktu disela tugas pokoknya. “Itu sesuatu yang bagus dan perlu dilakukan oleh semua anggota Satgas TMMD,” kata Kapendam Jaya.