OPINI  

Jihad Santri Jayakan Negeri

Masrukin, S.Pd.I

Oleh : Masrukin, S.Pd.I
Kepala TPQ – Ar Rohim

Karnaval hari santri Sabtu 21 Oktober 2023 pukul 19.00 sampai selesai yang ditampilakan TPQ Ar-Rohim lingkungan Barean Kel. Sldoharjo Pacitan dengan mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri ” ikut mewarnai dan membuat semangat penuh kegembiraan pada sebagian lingkungan kota di Kab. Pacitan.

Dengan tema itu, tentu saja para santri diajak tuntuk terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital karena makna jihad tidak hanya berperang dan mengangkat senjata melainkan para santri harus berjuang melawan kebodohan dan ketertinggalan.

Seorang santri juga harus berperan aktif di era transformasi digital. Itu relevan dengan situasi sosial dan agama yang kita alami tahun ini sehingga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat luas.

Peringatan Hari Santri menjadi penting bagi umat Islam untuk menghargai santri dalam memperkuat agama dan kebudayaan Islam sehingga karnaval merupakan bentuk apresiasi masyarakat terhadap kontribusi santri selama ini, begitu juga semangat persatuan dan nilai-nilai keislaman menjadi fokus utama.

Melalui media karnaval masyarakat mudah mengenal dan perlu diketahui, TPQ atau Taman Pendidikan Al-Quran adalah tempat anak-anak muslim belajar membaca, memahami, dan mengamalkan ajaran Al-Quran. Mereka diajarkan tata cara membaca Al-Quran dengan benar serta memahami maknanya.

Selain itu juga memberikan pelajaran tentang nilai-nilai moral dan etika Islam. Para pengajar memiliki komitmen untuk mendidik dan dampakmya sampai ke tingkat generasi muda.

Contoh kegiatan TPQ Ar-Rohim berdiri sejak 2019 dengan pengajar 4 (empat) orang, santri dan santriwatinya sejumlah 50 orang, aktivitas di setiap harinya berbeda-beda, antara lain hari Ahad & Senin santri belajar Iqro’ dan Al-Qur’an, Hari Selasa santri belajar Fiqih, Tajwid, dan Hafalan Surat Pendek, Hari Rabu belajar Praktik ibadah (Sholat, wudhu, dzibak albarjanji), hari kamis, Rutinan Yasinan, hari Sabtu Latihan Duror.

Tidak menutup kemungkinan, tempat pembelajaran ini akan berkembang menjadi lebih besar dan terbuka bagi siapapun yang menginginkan putra-putrinya belajar di TPQ Ar-Rohim.

Oleh karena itu betapa pentingnya bagi orang tua memperkenalkan putra putrinya di TPQ guna membentuk akhlak dan karakter anak-anak muslim, sehingga mereka diberi bekal sejak dini agar tumbuh menjadi individu yang taat beragama dan bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya.