OPINI  

Semua Bisa Jadi Pahlawan Bangsa

Nusantarapos – Kata Pahlawan memiliki banyak julukan tambahan. Kita mengenal istilah Pahlawan nasional, Pahlawan kemerdekaan, Pahlawan revolusi, Pahlawan pembangunan, Pahlawan tanpa tanda jasa dan lain sebagainya. Apapun makna dari sebutan di atas yang jelas melalui penamaan itu kita memberikan penghargaan dan apresiasi atas jasa-jasa yang diberikan para pelaku sejarah tersebut.

Kabupaten Tuban juga turut melahirkan pahlawan dan tokoh besar yang berperan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara Republik Indonesia. Diantaranya Pahlawan nasional Mayjen TNI Basuki Rahmat yang ikut andil dalam perjuangan kemerdekaan dan ikut menjadi saksi sejarah lahirnya Supersemar. Bahkan sebelum negara ini berdiri ada seorang tokoh pemuda Tuban yakni Soegondo Djojopoespito yang berperan besar dalam penyelenggaraan kongres pemuda 1928 yang melahirkan Sumpah Pemuda dan kala itu beliau bertindak sebagai ketua kongres. Kita sekalian tahu betapa pentingnya momen sumpah pemuda sebagai salah satu tonggak kebangkitan bangsa melawan penjajah yang dimotori kaum muda Indonesia. Apa yang beliau lakukan saat itu, berkontribusi besar pada lahirnya negara kesatuan Republik Indonesia sekaligus merupakan wujud dari sikap kepahlawanan.

Siapapun kiranya yang memiliki andil demi kemajuan bangsa di segala sisi kehidupan berbangsa dan bernegara pastinya layak dijuluki pahlawan. Sosok pahlawan ada yang sudah sangat terkenal dan diakui dengan gelar yang diberikan oleh negara. Namun lebih banyak lagi pahlawan-pahlawan yang tidak dikenal atau memang tidak mau dikenal namun berjasa besar terhadap masyarakat di lingkungannya. Upaya-upaya dan sumbangsih kita sebagai anggota masyarakat dalam bentuk ide, gagasan, peran nyata di level apapun baik dimulai dari lingkungan rumah kita hingga ke tingkat cakupan wilayah yang lebih luas lokal maupun nasional, merupakan wujud prilaku seorang pahlawan.

Saat ini kita bersyukur memiliki negara kesatuan Republik Indonesia dimana kita menikmati suasana kebebasan dan keamanan dalam mencari nafkah, beribadah, menimba ilmu, membentuk keluarga dan berbagai aktifitas kehidupan kita sebagai manusia. Rasa syukur yang harus selalu kita ingat karena menciptakan situasi aman dan damai harganya sangat mahal. Di belahan bumi lain konflik berkepanjangan membuat mereka hidup dalam ketakutan bahkan untuk menjalani rutinitas normal sehari-hari. Mereka tentunya mendambakan hidup tenang dan damai sebagaimana layaknya yang telah kita nikmati di negeri tercinta ini.

Untuk itu, kita perlu memperkuat sendi-sendi bernegara kita dengan saling bergotong-royong sesuai kemampuan dan peran kita masing-masing. Apapun profesi kita dapat berkontribusi nyata dalam mewujudkan kesejahteraan dan kedamaian. Sebagai contoh para pemuda dan pelajar yang tekun menuntut ilmu dan mampu menunjukan prestasi belajar sudah tentu berkontribusi bagi kebaikan bangsa. Oleh karena pada saatnya nanti para pemuda tersebut yang akan menggantikan para pemimpin bangsa saat ini. Kemauan untuk bekerjasama dan bergotong-royong dari semua elemen masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam setiap upaya perbaikan yang dilakukan bangsa kita.

Satu hal yang wajib kita ingat bahwa pembangunan bangsa ini membutuhkan biaya yang besar. Menciptakan keamanan, kedamaian dan menangkis gangguan dari luar membutuhkan sumberdaya yang besar yang hanya bisa dipenuhi dengan kontribusi maksimal dari seluruh rakyat Indonesia.

Oleh karenanya salah satu bentuk berkontribusi nyata masyarakat untuk mendukung pengumpulan dana pembangunan adalah dengan memastikan berjalannya kebijakan perpajakan nasional secara efektif dan efisien. Para pembayar pajak adalah para pahlawan pembangunan yang dengan kontribusinya maka setiap rupiah uang pajaknya memuluskan ribuan kilometer jalan/jembatan, menegakkan puluhan bendungan untuk pengairan dan membuat beton-beton proyek infrastruktur berdiri kokoh. Belum lagi dana pajak mengalir ke keluarga-keluarga dengan perekonomian terbatas, menghadirkan senyum bagi anak-anak yang membutuhkan makanan, pakaian dan pendidikan.

Saat ini bersamaan dengan peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 mari kita bersama menjadi pahlawan pembangunan yang berkontribusi aktif baik mendukung program perpajakan nasional maupun ikut membayar pajak sesuai peraturan yang berlaku. Selamat Hari Pahlawan 2023, terimalah rasa hormat kami atas segala pengorbanan para pahlawan bangsa Indonesia.

Tommy Wiryawan

Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tuban