Simak, Ini 3 Manfaat Menggunakan Handsanitizer Setiap Waktu

oleh -

JAKARTA, NUSANTARAPOS,- PSBB transisi memasuki pekan kedua sejak pemberlakuannya, saat melakukan aktivitas diluar rumah pastikan anda mengikuti protokol kesehatan yang lengkap.

Melansir Buku Kata Dokter (2013) karya dr. I Made C. Wirawan, 80 persen dari seluruh kasus penyakit menular ditularkan melalui sentuhan tangan.

Memastikan tangan bersih itu penting, salah satunya dengan penggunaan handsanitizer, selain karena cepat dan praktis dibawah kemana saja ternyata banyak juga manfaat penting lainnya. Berikut ini 3 manfaat penting dari penggunaan handsanitizer yang wajib sobat simak:

 

  1. Memastikan diri tetap dalam keadaan bersih.

Dikutip dari CNN Indonesia, masyarakat disarankan untuk menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen. Pada kadar alkohol tersebut, efektif untuk membunuh kuman, bakteri, maupun virus yang menempel

Dengan rutin menggunakan hand sanitizer, kita juga dapat memastikan diri kita sendiri bersih dan sehat untuk setiap aktivitas kita.

 

  1. Mengurangi resiko penyebaran virus.

Virus sangat mudah menular melalui tetesan atau droplets yang mengenai bagian tubuh individu lain seperti wajah, atau menempel pada benda- benda yang ada disekitar lalu disentuh orang lain.

Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan tangan saat beraktivitas, dan hand sanitizer merupakan langkah yang lebih praktis dan memungkinkan digunakan di mana saja atau kapan saja, terutama jika sedang tidak ada fasilitas untuk cuci tangan.

Dikutip dari CNN Indonesia, masyarakat disarankan untuk menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen. Pada kadar alkohol tersebut, efektif untuk membunuh kuman, bakteri, maupun virus yang menempel.

 

 

 

  1. Melindungi Lingkungan Sekitar dan Orang Lain

Dikutip dari Healthline, antiseptik digunakan sebagai pembunuh kuman pada jaringan hidup seperti kulit manusia. Hand sanitizer merupakan salah satu contoh antiseptik yang mudah ditemui. Sementara itu, disinfektan merupakan larutan pembunuh kuman khusus pada permukaan benda mati.

Pada saat anda memutuskan untuk menggunakan handsanitizer berarti anda juga sedang turut menciptakan lingkungan yang sehat, menjaga orang lain dari penyebaran virus dan menjadi contoh yang baik untuk orang-orang disekitar.

Jadi, jangan ragu untuk terus menyemprot handsanitizer di tanganmu. Mulai jaga lingkungan dari kesadaran diri sendiri. (Aldi)