Jajaran Kodam 1305/BT Sambut Baik Sosialisasi Hukum Dari Kodam XII/Merdeka

Tolitoli – Jajaran anggota Kodim 1305/BT Kipan C Yonif 711/Rks dan persit mendapatkan Penyuluhan Hukum dari Kumdam XIII/Merdeka Tentang “Netralitas TNI dalam Pilpres dan Pileg Tahun 2019”, yang bertempat di Aula Kodim 1305 / BT Jl. Magamu Kel. Tuweley Kec. Baolan Kab. Tolitoli, Senin (4/3/19).

Kegiatan tersebut merupakan agenda kerja oleh Kumdam XIII / Merdeka kepada setiap personil TNI dan PNS serta Ibu – Ibu persit yang ada diwilayah Kodam XIII/Merdeka.

Pabung 1305/BT, Mayor Inf. Umar Ali dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Wakakumdam XIII Merdeka untuk berkunjung ke Kodim 1305/BT, untuk melakukan penyuluhan kepada seluruh personil baik TNI maupun PNS serta persit yang ada di wilayah jajaran Kodim 1305/BT.

“Saya ucapkan terima kasih atas kedatangan Wakakumdam XIII/Merdeka, Letkol Chk. Askari di Kodim 1305/BT,” ucapnya.

Wakakumdam XIII Merdeka, Letkol Chk. Askari dalam materinya menyampaikan tentang Netralitas TNI untuk menghadapi Pemilu pada periode 2019 – 2024, agar setiap Personil TNI mengerti dan mengetahui tentang tugas yang akan dilaksanakan sehingga dalam pelaksanaan tugas.

“Nanti tiap personil TNI Mampu dan bisa berbuat untuk menyelesaikan suatu masalah apabila terjadi pada pencoblosan ataupun penghitungan suara nanti,” ujar Wakakumdam XIII/Merdeka.

Masih kata Wakakumdam, sebagai anggota TNI kita harus bersikap netral dengan arti Netral dengan tidak berpihak, tidak ikut, atau tidak membantu salah satu pihak.

“Nertalitas TNI yaitu TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis dan mengamankan Pileg dan Pilpres sesuai tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri,” jelasnya.

Tak hanya itu, Wakakumdam juga menyampaikan perihal tentang Asusila,
agar setiap personil baik TNI maupun Ibu persit agar menhindari dan mencegah apabila ada indikasi yang mengarah ke perbuatan tersebut dan apabila ada masalah dalam rumah tangga agar yang bersangkutan menyelasaikan masalah dengan mengambil langkah penyelesaian dengan melaporkan kepada pimpinan ataupun yang mempunyai tugas khusus dalam penyelesaian masalah.

“Saya tekankan kepada anggota persit apabila ada suatu masalah jangan sekali – kali menuruti ajakan seseorang ketempat – tempat lain yang selain kantor untuk menyelesaikan suatu masalah,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakakumdam XIII Merdeka, Letkol Chk. Askari, Letda Chk. Ahmad Rizky RD, Pabung 1305/BT, Mayor Inf. Umar Ali, Para Perwira staf Kodim 1305/BT, Para Danramil jajaran Kodim 1305/BT, Kakorum kipanC Yonif 711/RKS, Letda Inf. Ayub. Anggota Kodim 1305/BT beserta persit, Anggota Kompi C Yonif 711/Raksatama beserta persit. (Red).