judul gambar

BEM FISIP Universitas Wijaya Putra Dapatkan Hibah Program PHP2D dari Kemendikbud dan Ristek

SURABAYA,NUSANTARAPOS,-Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud & Ristek)  memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk terjun membangun desa. Program ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. Pada Tahun 2021 Badan Eksekutif Mahasiswa  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Putra yang di Ketuai oleh Saiq Fadhol Muslim (NPM 18031014) sekaligus Wakil Gubernur BEM FISIP dari program Studi Adminitrasi Negara dengan jumah anggota sebanyak 10 (sepuluh) mahasiswa yang terdiri : a. Mazidatur Rohmah (NPM 18031019), b. Nur Rahmawati (NPM 19031057) c. Elisa Vina Ivanka (NPM 19031027) d. Dimas Ayu Rahmadhani (NPM 18031034) e. Rahma Alfiani Humairo (NPM 18031017) f. Ika Fatimatus Zahro, (NPM 18031008), g. Rena Fitri Ardani (NPM 18031042) h. Febriyani Kusuma Widura (NPM 18031029), i. Gayuh Cahyo Caksono S.P. (NPM 19031036) dan j. Gilang Maulana Putra (NPM 19031019) dengan Dosen Pendamping Supriyanto, S.Sos., M.Si. (NIDN 0715038203)   mendapatkan Hibah PHP2D sebesar tiga puluh lima juta rupiah (Rp 35.000.000) melalui Surat  Direktorat Perguruan Tinggi Nomor : 3521/E2/KM.09.01/2021 tertanggal 5 Juli 2021 dengan Judul Pemberdayaan Masyarakat Melalui Optimalisasi Potensi Wisata Tlogo Mboro Sebagai Ekowisata Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Sidowungu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik Pasca Covid-19”.

Permasalahan yang dihadapi masyarakat Desa Sidowungu Gresik adalah: Banyaknya limbah bulu ayam yang tidak dimanfaatkan oleh para peternak menghasilkan limbah padat yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan,  b. Desa Sidowungu memiliki protensi wisata Tlogo Mboro keindahan alam yang indah, namun kurang di manfaatkan untuk wisata dan beradaanya belum banyak masyarakat  yang mengetahui tlogo mboro tersebut.

Tujuan Program PHP2D Desa Sidowungu :

  1. Memanfaatkan limbah bulu ayam sebagai souvenir khas Tlogo Mboro serta meningkatkan produktivitas masyarakat.
  2. Membantu meningkatkan perekonomian Desa Sidowungu melalui potensi ekowisata yang terdapat di Tlogo Mboro.
  3. Mampu memberikan program pelatihan softskill dan hardskill masyarakat serta pelatihan manajemen kepada mantan pengguna nakotika, Ibu PKK dan remaja karang taruna di Desa Sidowungu, sehingga dapat meningkatkan potensi masyarakat yang mandiri, inovatif, kreatif dan berpola pikir kritis.

 

Kegiatan Program PHP2D tersebut dilaksanakan selama 10 (sepuluh) bulan mulai dengan Bulan Maret 2021 s.d Desember 2021.  Pada tahap awal kegiatan yang telah berhasil dilaksanakan pada dalam menyelesaikan permasalahan desa dengan memberikan pelatihan soft skill dan hard skill  bagi Karang Taruna Desa Sidowungu.  Seperti kita ketahui bahwa karang tarunalah yang akan menjadi penerus dan sekaligus pemegang etafet  tongkat Pembangunan Desa dalam rangka mewujudkan Kemandirian Desa.

Kegiatan ini dilakukan dengan dua aspek yakni : pertama pngembangan SDM melalui pengembangan Kapasitas dan Ketrampilan Karang taruna dan Pengurus Bumdes melalui pengembangan sumber daya manusia (SDM) baik soft skill dan hard skill; kedua melakukan Pembangunan fisik melakukan Reviltalisasi fisik Tlogo Mboro dengan mempercantik wisata telogo Mboro dengan hiasan Lampu, memberikan bantuan 2 (dua) buah Gasebo, dan menyediakan 4 (empat) buah Box Contener, penataan spot foto selfi dan penataan taman telaga, pembinaan Pedagang Kaki Lima (PKL); Wisata tlogo ini diharapkan menjadi pusat peningkatan budaya local (sangar tari, sedekah bumi, ludruk) dan event lain yang menjadi kekuatan budaya dan tradisi masyarakat local ditengah maraknya budaya dari negara lain (Korean dan Western).

Program kegiatan PHP2D selain mendapatkan dukungan dari Kemendikbud dan Ristek  dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik juga mendapatkan support dari Mitra Desa Sidowungu terutama melalui Kelembagaan Desa yakni Kepala Desa dan Aparatur Desa Sidowunggu, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Karang Taruna dan Badan Perwakilan Desa (BPD), Tokoh Masyarakat termasuk dukungan dari Pemerintah Kecamatan Menganti dan Pemerintah Kabupaten Gresik dan Media.  Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana mendorong dan daya ungkit bagi Desa Sidowungu dalam rangka mengembangkan Desa Mandiri yang akan mendapatkan pendampingan dari FISIP UWP secara berkelanjutan sehingga Menjadi Desa Binaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.