Pelayanan Tim Kluarga Berencana Keliling(TKBK)

oleh -

Tanjab Barat, Nusantarapos,-Pelayanan medis KB geratis Tim keluarga berencana keliling(TKBK)ini dilaksanakan oleh Dinaspemberdayaan perempuan perlindungan anak pengendalian penduduk dan keluarga berencana (DP3A2KB) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tim medis dari perwakilan BKKBN Provinsi jambi. PLKB kecamatan puskesmas.

Pelayanan ini bertujuan dalam rangka meningkatkan jumlah Akseptor demi terwujudnya keluarga yang sejahtera dan berkualitas.

Pada kesempatan itu juga seluruh calon akseptor dapat melakukan konsultasi dan konseling mengenai alat kontrasepsi apa yang cocok bagi dirinya dan sesuai dengan kepentingannya pula.

dari kegiatan ini di harapkan dapat mendorong PUS untuk memakai alat kontrasepsi KB jangka panjang (MKJP).
TKBK merupakan suatu aksiBidang KB untuk meningkatkan capaian Aseptor KB kegiatannya dalam bentuk pelayanan KB secara geratis kepada warga dan menjadi salah satu upaya jitu mengendalikan pertumbuhan penduduk dalam pelayanannya.DP3AP2KB menyediakan secara geratis alat KB berupa pemasangan -pemasangan Intra Uterin Device (IUD) implant/susuk KB.

Pelayanan KB geratis Tim Keluarga Berencana Keliling (TKBK)di laksanakan di laksanakan di beberapa wilayah di kabupaten Tanjung Jabung Barat di antaranya:

* tanggal 13 februari 2020 di laksanakan di kampung KB Desa Rawa Medang kec.Batang Asam bekerja sama dengan puskesmas Suban dan poskesdes Rawa Medang. PPKBD/kader IMP dan seluruh PLKB serta motivator Kec.Batang Asam jumlah akseptor yang dilayani sebanyak: 109 orang
implant: 107 orang
IUD. : 2. orang
* tanggal 25 februari 2020 di kec. Pengabuan bekerja sama dengan puskesmas Teluk Nilau lokasi di balai penyuluhan keluarga berencana kec.pengabuan .kader PPKBD/kader IMP dan seluruh PLKB serta motivator kec.pengabuan untuk jumlah akseptor yang di layani sebanyak 38 orang.
inplant :35 orang
IUD. :3 orang
*tanggal 26 februari 2020 di kec.renah mendaluh bekerja sama dengan puskesmas lubuk kambing . lokasi di kantor desa sungai pauh kec.renah mendaluh .PPKB/kader IMP dan seluruh PLKB serta motivator kec.renah mendaluh. untuk jumlah akseptor yang di layani sebanyak 72orang
inplant : 71 orang
IUD. : 1. orang.
* tanggal 27 februari 2020 di kec.muara papalik bekerja sama dengan puskesmas Bukit indah .lokasi di puskesmas Bukit Indah kec.muara papalik untuk kader PPKB/kader IMP dan seluruh PLKB serta motivator kec.muara papalik.jumlah Akseptor yang di layani sebanyak 50 orang
Implant : 43 orang
IUD. : 7 orang

Akseptor ini sebelumnya menggunakan pil suntik beralih menggunakan IUD dan inplant ini semua berkat kesadaran warga dan konseling yang di berikan.(sofian)