TNI Datang ke Kampung Nagari Bukiak Jariang Pak Kusuik Bergembira

oleh -

PARIAMAN|
Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 0308/Pariaman di kawasan Kampung Nagari Bukiak Jariang Kec Sungai Limau, Kab Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) benar-benar dirasakan masyarakat.

Buktinya,dua warga penerima rehab rumah tidak layak huni (RTLH) merasa senang dan terbantu berkat TNI, dalam hal ini Satgas Kodim 0308/Prm.

Kini, kedua warga yang sehari-harinya berpenghasilan hanya cukup makan saja ini
bersemangat karena rumahnya telah direhab Satgas TMMD yang terdiri dari kesatuan POM 1 Serka Sawal, Ludin Denpal Padang,Koptu Riki dan dari Kodim 0308/Pariaman Kopda Doni, Serda Hanafis serta dibantu oleh masyarakat sekitarnya.

Awalnya kondisi rumahnya yang sudah lapuk termakan usia,bahkan terkena bencana gempa bumi pada tahun 2009 lalu sehingga rumahnya tidak layak lagi dihuni.Namun,setelah prajurit Satgas TMMD hadir membuat dirinya kembali bersemangat setelah pihak Kodim 0308/Prm melakukan pendataan beberapa bulan yang lalu, dirinya berdoa dan setengah berharap agar benar-benar ada bantuan perbaikan rumah dari Program TMMD.

Pria tua yang dipanggil Pak Kusuik dan memiliki istri Ibu Mar ini sepertinya bangkit lagi semangat hidupnya,apalagi material bangunan berdatangan,serta rumahnya dibongkar dan diperbaiki prajurit TNI menjadi lebih layak melalui program rehab RTLH TMMD Ke 104.

“Semangat hidup saya kembali bangkit, saya sangat gembira sekali terima program rehab rumah dari TMMD, terima kasih bapak-bapak Tentara yang telah peduli kondisi saya ini,”ungkapnya terlihat matanya berkaca-kaca.

Ia mengatakan bahwa sebelum rumahnya direhab,sebelumnya rusak terkena bencana gempa dan kalau ada hujan angin yang akhir-akhir ini sering terjadi,dirinya bersama keluarga sangat takut sekali bahkan mengajak anak-anak dan istri untuk berlindung,agar kalau roboh tidak mencelakai dirinya.”Alhamdulilah sekarang rumah saya sudah direhab dan sebentar lagi selesai akan kami tempati, “sebutnya

Berkat kepedulian Dandim 0308/Prm Letkol Arm Heri Pujiyanto. S.Sos terhadap warga kurang mampu,akhirnya Pak Kusuik bernafas lega.

Kini personel Satgas telah melakukan pembongkaran dan langsung dilakukan
perbaikan menjadi rumah yang lebih layak dan sehat,lengkap dengan kamar mandi dan jambannya, dengan kontruksi bangunan yang lebih kokoh dan semoga menjadikan kehidupannya lebih baik dan sejahtera.

Komandan Kodim 0308/Prm Letkol Arm Heri Pujiyanto. S. Sos mengatakan bahwa rehab RTLH Program TMMD sasaran utamanya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat kurang mampu seperti Pak Kusuik, tidak hanya rumah sehat tetapi lengkap dengan kamar mandi dan jamban. “Semoga saja dengan siapnya rumah yang direhab ini Pak Kusuik kedepannya memiliki rumah yang lebih layak dan sehat dan ehidupannya akan lebih layak, sehat dan sejahtera, “ungkap Dandim. (Red)