DAERAH  

Hindari Hepatitis, Dandim 0801 Pacitan sarankan minimal cuci tangan sebelum makan.

Nusantarapos-Sejak pertama ditemukan hepatitis A pada penyedia di Kec Sudimoro 8 Mei 2019 sempat meningkat 15 juli 2019 total 8 orang terlaporkan. Hingga kini melejit menjadi 975 orang ditambah hari ini korban 18 orang.

Melihat kondisi tersebut Bupati perlu menetapkan status KLB dengan SK NO :188.45/973/KPTS/408.12 Tgl 25 juni 2019 Perihal status kejadian luar biasa hepatitis A di Pacitan, dengan detetapkanya ini penanggulangan akan lebih efektif. Pengendalian sudah dilakukan oleh semua lini dijajaran Pemda Pacitan dibantu oleh Dinas Kesehatan Propinsi Jatim, TNI, POLRI, FETP unair, para Relawan dan dukungan semua Sektor. Korban meninggal tidak ada, tinggal sekitar 30 orang yang dirawat.

Sementara ditemui nusantarapos Dandim Pacitan 0801 Letkol KAV Aristoteles Hengkang Nusa Lawitang mengatakan.” Memang penularanya sudah diatas normalah kalau kita bilang memang harus diadakan KLB biar penyebaran bisa kita kendalikan atau kita stop. Kalau penyebaran sudah terlalu banyak otomatis Sektor Pariwisata akan terganggu, kalau mendengar tersebarnya wabah pasti mikir, jadi kerugian sektor ekonomi akan terasa secara umum.

Secara spesifik lagi yang kena penyakit itu obyektifitasnya akan menurun sehingga harus istirahat total, kalau tidak penyakitnya bertambah parah dan daya tahan menurun meskipun secara teori medis tidak menyebabkan kematian tapi susulanya yang tidak kita harapkan. Mengenai solusi ya perlu diadakan sosialisasi karena penyebaranya banyak masyarakat yang tidak tahu karena tidak kelihatan. Sekarang bukan dalam kondisi yang biasa, minimal cuci tangan sebelum makan,”pungkasnya, Senin (1/7/2019) (AW)