DAERAH  

Ketua PPK Propinsi Akil: Pengaspalan itu Seperti Orang Menjahit Baju

Nusantarapos,-Banyak sekali proyek pengerjaan tanpa Papan Proyek khususnya di berbagai wilayah pedesaan Pengerjaan proyek paket rekonstruksi dan pelebaran jalan Arjosari sampai Purwantoro batas Jawa Tengah (LINK 137). Sangat disayangkan anggaran dana tak tertera dalam papan proyek tapi sumber dana anggaran tertera yaitu DPA-SKPD APBD PROVINSI JAWA TIMUR. Heru PUPR mengatakan, “Aturannya ada dikontraknya masing-masing pak, tanyakan pada PPKnya aja yang jelas papan nama merupakan salah satu kelengkapan kegiatan…”. (27/08).Senada dengan Toni PU, “Papan nama 1 proyek hanya 1 buah. Ditempatkan di tempat yang kelihatan publik. Kecuali lokasi tidak memungkinkan, contoh proyek saluran atau perpipaan di kawasan hutan”.(26/8) Anung menjelaskan kenapa pihaknya tidak memasang papan proyek, “kata PPKnya papan proyek bila di pasang sering hilang. Oleh pengambilnya di taruh dimana ya kami tidak tau. Makanya kami letakkan di dereksi kid, tujuan kami karena keamanan saja. Saat akan penyerahan di pasang lagi”. (26/8)

Untuk lokasi pengerjaan di Pacitan ada 3 paket, antara lain : Satu di Ngromo Nawangan, dua di Jeruk Bandar (jembatan Jetis) dan terakhir jalan jurusan Ponorogo Pacitan. Akil lupa menyebutkan nama konsultan tapi di papan ada namanya CV. Kusuma Abadi dari Tulungagung. Penyedia Jasa PT. Samudra Indah Raya. Ada pun jatuh tempu pengerjaannya sampai 2 Oktober ini atau waktu pelaksanaan 150 hari kalender dari tanggal kontrak 23 April 2019.

Pengaspalan dilakukan dua lapis pertama ATPL antara 5cm sampai 7cm kemudian dilapisi aspal lagi. Cor bahu jalan itu tebalnya 41 cm pelebaran 30 cm dan menyesuaikan lokasi bila dasarnya lembek.. Total luas jalan Propinsi seluruhnya lebar pengaspalan 6 meter, maksimalkan dameja (daerah pinggir jalan). Kalau AC-nya 5 cm untuk jenis Cor beton pakai K 250 untuk satu mesin campur pasir semen. Menghabiskan anggaran dana 10 Miliar sepanjang 2km.

Akil sebagai PPK Propinsi mengatakan, “Kita ngak melihat komposisinya. Terpenting itu, pencampuran adonan saya ibaratkan seperti orang menjahit baju. Saya minta K sekian ya K sekian walaupun campurannya pakai apa apa ya monggo pokoknya jadi K itu, tapi selalu di cek kok. Sedangkan wilayah Pegung PPKnya lain yaitu pak Budi AS, PT-nya pun juga lain”.
(25/08)

Pengawasan tiap-tiap saat sangat penting dalam pembuatan adonan baik untuk aspal atau pun pengecoran bahu jalan agar tidak cepat aus sehingga menjaga kenyamanan pengguna jalan pada umumnya. Khususnya dana APBD Pemerintah Kabupaten Pacitan tidak sia-sia. Selain itu, setidaknya pemegang proyek harus memiliki izin. Maka mohon periksa secara simultan setiap proyek pengerjaan paket pembuatan jalan, baik perlengkapan alat pendukung kerja yaitu kesiapan surat izin mobil dumtruk, alat berat becgho dan lain sebagainya saat sedang beroperasi di kabupaten Pacitan. Tim (AW).