Lantik 102 Pejabat Eselon, Sekda Jelaskan Filosofi Sepakbola

oleh -

Lampung Utara, Nusantara Pos – Sebanyak 102 Pejabat Administrator Eselon III dan Pejabat Pengawas atau Eselon IV hari ini, Selasa (9/3/2021) dilantik Sekda Lampung Utara (Lampura) Lekok di GOR stadion sukung Kotabumi kabupaten setempat.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Lampura Budi Utomo, Sekda Lekok meminta agar para pejabat harus dapat mendukung tugas-tugas pimpinannya dalam rangka untuk menjawab dinamika dan perkembangan zaman, melalui kerja keras dan kerjasama dengan kompak memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat.

“Jika berbicara tentang kekompakan, maka itu sama artinya dengan berbicara tentang kerjasama tim. Untuk itu ada baiknya kita mencontoh kerjasama tim yang ada pada permainan sepakbola,” tutur Lekok.

Lebih dalam Sekda Lampura ini menjelaskan. Pertama, pemain sepakbola bermain karena memiliki dan memahami visi untuk mencapai tujuan yang sama yaitu memasukan gol sebanyak-banyaknya ke gawang Iawan. Hal ini juga perlu ada di dalam sebuah organisasi.

“Apapun jabatan atau kedudukannya tanpa memahami visi dan misi organisasinya, maka hanya akan bekerja secara asal. Bekerja hanya dijadikan sebatas rutinitas belaka dan hanya sebagai formalitas gugur kewajiban saja, tanpa menginginkan sebuah pencapaian,” katanya.

Kedua, sepakbola mengajarkan akan pentingnya persatuan dan kesatuan tim. Meskipun setiap pemain memiliki posisi dan memiliki Iatar belakangnya yang berbeda-beda, namun untuk meraih kemenangan maka para pemain harus maksimal bekerjasama, tidak bisa bermain sendiri-sendiri.

Ketiga, sambung Sekda, sepakbola mengajarkan pentingnya membangun kepercayaan dan sikap saling menghormati antar sesama rekan dalam tim. Baik pemain sayap, gelandang, bek, kiper, maupun striker harus percaya dan menghormati tugas posisinya masing-masing. “Dalam pemerintahan, setiap orang harus menghormati orang yang dipercaya untuk mengemban tugas dan tanggung jawabnya, serta perlu ada sikap saling mendukung dan saling percaya,” ucapnya.

Keempat, dalam sepakbola perlu adanya saling pengertian dan berkomunikasi antar pemain. Komunikasi menjadi syarat dan kekuatan utama dan paling penting dalam organisasi.

“Itulah beberapa pelajaran penting yang dapat kita ambil dari permainan sepakbola untuk kita terapkan dalam pelaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan ini,” ungkap Lekok.

Untuk itu, Sekda mengajak seluruh Pejabat yang telah dilantik agar bersama-sama meningkatkan kinerja dalam menjalankan roda pemerintahan dan tugas pembangunan agar apa yang menjadi harapan masyarakat dapat diwujudkan dengan baik dan optimal.

“Pesan saya, hindari korupsi, kuasai Tupoksi masing-masing serta layani masyarakat dengan sepenuh hati. Akhirnya, saya ucapkan selamat bertugas, selamat bekerja, dan selamat mengabdikan diri melayani masyarakat Kabupaten Lampung Utara,” pesan Sekda Lampura. (RH)