“Gowes Bareng Kiai” Bagikan 1000 Masker pada Masyarakat

oleh -

Probolinggo, Nusantarapos – Ratusan santri, alumni, Simpatisan hingga pecinta olahraga sepeda, ‘gowes bareng’ dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) PP. Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti, Kraksaan, Probolinggo, yang ke-73, Ahad (21/3/2021) pagi.

Koordinator Gowes Bareng Kiai Harlah PP. Darul Lughah Wk Kraksaan, Ahmad Zaidi mengatakan, “Mancal itu olah raga apalagi bareng kiai rasanya sangat istimewa” itu menempuh jalur sepanjang 30 KM. Melintasi di 4 kecamatan, yakni, Kecamatan Kraksaan, Krejengan, Gading dan Besuk. Dibagi dua pos pemberhentian, Kecamatan Gading (Bumdes Nolo Beranti Wangkal) dan Kecamatan Besuk (Rumah Ananda Faisal).

Disela pemberhentian Pos 1, Panitia lokal (IKSADA GADING) menyiapkan 1000 Masker dibagikan secara gratis oleh KH. Mahmud selaku pengasuh PP. Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan, sebagai bentuk syiar dan ajakan tetap menerapkan protokol Kesehatan, berupa masker tersebut, ungkapnya.

Selain itu, dikatakan Zaidi, terdapat sedikitnya 1000 peserta yang mengikuti mancal bareng bertajuj ‘Gowes Bareng Kiai’ (GOBARIA) itu yang berasal dari 15 daerah se Jawa Timur. Para peserta mayoritas alumni PP. Darul Lughah Wal Karomah dan Simpatisan pecinta Gowes Kabupaten Se-Probolinggo, diantaranya dari Probolinggo, Bondowoso, Jember, Situbondo dan Lumajang.

“Selain alumni, peserta juga dari klub sepeda. Dari lokal Probolinggo, Besuki, Jember, Surabaya Banyuwangi, Pasuruan, Serta Bondowoso,” terang Zaidi

Pelepasan peserta, menurut Zaidi, dari halaman Pesantren dengan garis finish di lokasi yang sama. “Kami sudah menyiapkan jalur yang cukup menantang, dengan jalur aspal dan Jalur pesawahan begitu kuga Sepeda yang dipakai juga bebas,” tuturnya.

Untuk antisipasi peserta yang cedera ataupun gangguan keamanan, sambung Zaidi, pihaknya telah menggandeng tim medis PP. Darul Lughah wal Karomah Kraksaan dan Ikatan Dokter Alumni Darul Lughah Wal Karomah.

“Tim kesehatannya langsung dari Pesantren. Untuk keamanan, kami telah memberi informasi dengan Polres Probolinggo dan juga Kodim 0820 Probolinggo,” ia menjelaskan.

Dalam gowes ini, lanjut Zaidi, panitia menyiapkan kupon undian bagi para peserta. Hadiahnya, dari Pakaian, kipas angin hingga sepeda mancal dan Kambing, yang telah diundi langsung setelah seluruh peserta menyentuh garis finish.

“Selain hadiah sehat, ada phadiah utama 2 buah sepeda MTB dan Kambing. Doorprizenya, ada kulkas, kompor gas, kipas angin dan juga puluhan hadiah hiburan,” tutupnya. (RZI/ADL)