Indonesia Local Brands Expo 2020 Resmi Dibuka

oleh -

Jakarta, Nusantarapos.co.id – Pameran Virtual Expo Indonesia Digital Trade Show (IDTS) in Conjunction With “Indonesia Local Brands Expo 2020” hari ini resmi dibuka.

Pameran ini berlangsung mulai 20 November – 7 Desember 2020 dan mengambil tema “Connect Your Business With Digital Solution”.

Acara dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Perdagangan Agus Suparman, serta perwakilan dari penyelenggara, Direktur PT Sukses Mulya Pramata Nopit Cahyani.

Tujuan dari diselenggarakan Indonesia Local Brands Expo 2020 yakni menjadi wadah bagi para pelaku UMKM di tanah air yang sempat terpuruk penjualannya di masa pandemi Covid-19, agar bisa menjual produknya secara online atau go digital.

Menteri Teten pun mengapresiasi penyelenggaraan even Indonesia Digital Trade Show-Indonesia Local Brand yang digagas oleh PT Sukses Mulya Pratama ini.

“Perlu diketahui, lebih dari 64 juta UMKM berkontribusi 14% terhadap total ekspor non migas. 60% total investas, 97% total tenaga kerja dan 61% total PDB nasional. Maka kehadiran UMKM sesungguhnya sangat berarti bagi ekonomi nasional ini,” ujarnya dalam pembukaan Indonesia Local Brands Expo 2020 virtual, Jumat (20/11/2020).

Dukungan juga diberikan oleh Menteri Perdagangan Agus Suparman. Ia menyatakan bahwa pemanfaatan platform digital oleh pelaku UMKM berpotensi meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia. Tercatat oleh Kominfo penjualan online dan e-commerce di tahun 2020 mencapai nilai 446,75 triliun dan meningkat 400% dari pada tahun 2017 lalu. Tentu ini merupakan indicator bahwa ke depannya peran teknologi dan digital akan semakin dominan bagi masyarakat.

Untuk itu pihak kemendag akan terus memfasilitasi melalui format digital yang berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman.

“Saya berharap melalui ajang IDTS ini, para pelaku usaha UMKM, lisensi dan waralaba dapat semakin berkembang dan saling terhubung dan memanfaatkan potensi digital yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur PT Sukses Mulya Pratama Nopit Cahyani juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi.

“Terimakasih kepada pihak yang sungguh-sungguh telah membantu acara ini. Kami yakin semua yang ada disini sama-sama satu langkah untuk memulihkan bangsa kita,” ucapnya.

“Kami menegaskan bahwa kami selalu mencintai negeri ini dan siap membantu Indonesia hebat, Indonesia maju. Ini lah persembahan dari kami,” ungkapnya.

Berbagai barang produksi UKM dipamerkan di sini mulai dari fashion, makanan, minuman, kerajinan lokal dan lain-lain. (Arie)