Viral! Lukisan Lawas dari Bali Ini Selamat dari Kebakaran Hebat

Yogyakarta, Nusantarapos.co.id – Kebakaran yang melanda sebuah sebuah toko, Mericis Cell di Jalan Bantul No 48 Gedongkiwo Mantrijeron Kota Yogyakarta pada, Selasa (22/02) lalu menyisakan cerita ajaib yang kini menjadi viral.

Pasalnya, kebakaran yang diduga berasal dari mesin es krim yang terbakar telah meludeskan seisi ruko. Namun muncul berita viral di media sosial tentang unggahan adanya sebuah lukisan yang selamat dari kebakaran.

Lukisan tersebut merupakan lukisan lawas yang berasal dari Bali dan selamat tidak ikut terbakar, meskipun barang di sekitarnya hangus tidak tersisa.

“Melihat kebakaran dimana api memenuhi ruangan saya dah lemas,  pasti habis semuanya berikut lukisan yang saya titipkan di adik saya AM Dwi Septiningsih penyewa toko,” ujar Y Irwan Cahya Nugraha atau yang akrab disapa Ghostong di kediamannya di Sorosutan Yogyakarta, Jumat, (4/3).

Irwan merasakan keajaiban ketika dirinya membantu bersih-bersih satu hari setelah kebakaran dia melihat lukisan tersebut di atas kursi tidur dalam kondisi  masih utuh.

“Padahal komputer, baju yang ada dibawah dan samping kursi ludes terbakar semuanya,” jelasnya.

Ia menyebutkan, dirinya suka mengoleksi lukisan sejak  2010. “Lukisan ini dari seorang teman di Bali yang menjual beberapa lukisan untuk biaya anaknya sekolah. Selain itu ada juga beberapa  lukisan lama dan unik seperti lukisan kaca tahun 1930 an, lukisan lama dari Bali (lupa tahunya), serta lukisan yang selamat dari kebakaran ini yang menurut saya unik dan menginspirasi,” paparnya yang saat itu membayar Rp 100 juta untuk menebus beberapa koleksi tersebut.

Dijelaskan, lukisan ini menceritakan tentang Ubud karya MD Karmayasa. “Saya sangat suka lukisan ini karena pewarnaan gelap terangnya sangat bagus dan warna cat menyala. Hampir seperti batik ketebalanya dan kalau dinikmati dengan baik lukisan ini bener bener membawa kita ke sebuah pedesaan dengan aktivitas di kampung Bali zaman dahulu,” pungkasnya. (AKA)