DAERAH  

SIG Pabrik Tuban Salurkan 38 Hewan Kurban

Tuban, Nusantarapos – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban menyalurkan 38 hewan kurban berupa sapi pada Jumat (14/6/2024).

Momen Iduladha 1445 Hijriah adalah hari untuk berbagi. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), kembali setiap tahun perusahaan penghasil produk semen itu menyerahkan hewan qurban kepada warga desa sekitar perusahaan.

Selain kepada 26 desa wilayah sekitar perusahaan juga meluber hingga lembaga keagamaan dan instansi pemerintahan.
Sebelum dibagikan kepada masyarakat, hewan kurban berupa sapi tersebut juga telah dinyatakan sehat oleh dokter hewan setempat untuk memastikan bahwa hewan kurban dalam keadaan sehat dan dagingnya aman untuk dikonsumsi.

Sudah kita lakukan pengecekan terhadap sapi-sapi kurban dari Semen Indonesia. Pengecekan meliputi kulit, kuku, mata, air liur, dan testis sapi. Dan semuanya sehat tidak ada tanda-tanda terkena virus. Sudah kita pastikan semua hewan kurban dari SIG dalam keadaan sehat, untuk itu secara otomatis dagingnya juga layak kosumsi, terang Doker Hewan Arif Andi.

Sementara itu, Senior Manager of Corporate Communication SIG Pabrik Tuban, Dharma Sunyata mengatakan Iduladha menjadi momentum untuk terus bersyukur dan berbagi manfaat kepada sesama. Penyaluran hewan kurban merupakan program rutin tahunan perusahaan yang diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi serta kebersamaan dengan masyarakat.

Pengadaan hewan kurban oleh perusahaan setiap tahunnya juga diambil dari para peternak yang berada di wilayah sekitar perusahaan. Sehingga, hal ini menjadikan nilai tambah bagi peternak sekitar dan semakin berdaya usahanya, tentunya sebelumnya ada pemeriksaan kesehatan terhadap ternaknya agar semua hewan kurban yang dikirimkan dapat dipastikan terbebas dari penyakit LSD (Lumpy Skin Desease) atau penyakit lainnya dan mendapatkan rekomendasi sehat dari dokter hewan, lanjutnya.

Menurutnya, bantuan hewan kurban yang dilaksanakan melalui program CSR perusahaan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. Semangat berkurban menjadi inspirasi bagi perusahaan untuk berbagi dengan masyarakat sekitar.

“Kerjasama dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat juga sangat kami perlukan guna kelancaran operasional perusahaan. Bila perusahaan semakin lancar dan berkembang, akan dapat memberikan nilai manfaat yang lebih baik lagi kepada masyarakat,” ujarnya.

Terpisah, Sekertaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana mengucapkan terimakasih kepada SIG, yang mana pada Iduladha pada tahun ini Pemkab mendapatkan 8 ekor sapi. Selain dari SIG, Pemkab juga mendapatkan hewan kurban dari pihak ketiga lainnya. Nantinya, hewan kurban yang terkumpul di kepanitiaan Pemkab Tuban ini bakal disebar ke 20 kecamatan yang ada di Tuban.
Kami juga menyalurkan hewan kurban ke lembaga keagamaan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Selain itu, juga ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tuban,” ungkapnya.

Lebih lanjut Budi Wiyana mengatakan bahwa setiap tahun SIG rutin memberikan hewan kurban berupa sapi kepada panitia kurban Pemkab Tuban. Perusahaan juga memberikan hewan kurban kepada desa-desa disekitar wilayah pengembangannya, ” tutup Budi Wiyana.