Pasca Lantik DPW Babel, Ketum HPI Akan Road Show Melantik DPW se-Indonesia

oleh -
Ketua Umum Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Maskur Husain sedang berpidato dihadapan pengurus dan undangan yang hadir saat pelantikan DPW HPI Bangka Belitung.

Jakarta, nusantarapos.co.id – Usai melantik pengurus DPW HPI Bangka Belitung, Ketua Umum Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Maskur Husain akan road show untuk melantik DPW lainnya se-Indonesia. Demikian diungkapkan Maskur Husain melalui siaran persnya, Senin (19/11/2018).

Maskur Husain yang juga seorang pengacara di DB MH Law Firm mengatakan dalam waktu dekat kami akan segera mengukuhkan DPW HPI di Bali, Maluku, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Papua Barat, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo dan akan melebarkan sayapnya di 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

“Setelah Bangka Belitung, dalam waktu dekat kami akan mengukuhkan Maluku Utara dan Riau,” terang Maskur Husain.

Ketua Umum HPI Maskur Husain berfoto bersama usai melantik DPW HPI Bangka Belitung beberapa waktu lalu.

Adapun yang melatarbelakangi HPI untuk melakukan pelantikan DPW se-Indonesia adalah karena banyak permasalahan rekan-rekan wartawan (jurnalis) di daerah yang mengalami persoalan hukum akibat aktivitas jurnalistiknya. Kendati dilindungi Undang-Undang Pers, tak jarang wartawan dijerat KUHP saat menjalankan tugasnya.

Untuk itu, lanjut Maskur, kami menjamin memberikan advokasi atau bantuan hukum secara cuma-cuma terhadap para jurnalis yang dipidanakan. Kebijakan ini merupakan program prioritasnya usai dilantik sebagai pimpinan oleh Dewan Pendiri HPI, Yakub Ismail dan Nasir Bin Umar, beberapa waktu lalu.

“Saya melalui HPI akan menjamin bantuan hukum terhadap anggota HPI atau wartawan lainnya,” ujar Maskur.

Menurut Maskur, bantuan hukum ini teramat penting agar para pewarta tetap profesional dalam menjalankan tugasnya. Apalagi, imbuh dia, organisasi profesi kebanyakan hanya mampu mengecam apabila ada wartawan yang tersangkut masalah pidana.

Selain upaya advokasi, HPI bakal memperjuangkan peningkatan kesejahteraan upah wartawan.

“Agenda inilah yang akan HPI jalankan ke depannya. Kita juga akan bersinergi dengan pemerintah untuk mengatasi segala persoalan yang dihadapi jurnalis. Semoga saya akan konsisten dan amanah dalam menjalankan roda kepemimpinan,” tegasnya.