Jamaah Haji Pacitan Terbebas dari Hepatitis A

oleh -

Pacitan, Nusantarapos – Terkait dengan Kejadia Luar Biasa Hepatitis A di Kab. Pacitan, Calon Jamaah Haji (CJH) yang berasal wilayah tersebut terus dipantau oleh Dinas Kesehatan/Puskesmas juga oleh Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Kloter SUB-4. Sesuai hasil pemeriksaan laboratorium, mereka dinyatakan negatif dan bisa berangkat ke ranah suci.

Agus, petugas Depag Kab. Pacitan menyampaikan ke nusantarapos, jumlah Calon Jemaah Haji (CJH) tahun ini yang berangkat : 197 yang berasal dari 10 kecamatan dari 12 kecamatan di Kab. Pacitan. CJH termuda usia 29 tahun dan tertua usia 93 tahun.

Seluruh CJH sudah melalui pemeriksaan kesehatan tahap 1 di Puskesmas dan tahap 2 di rumah sakit dan berdasarkan pertimbangan Tim Dokter dari Dinas Kesehatan seluruh jemaah dinyatakan Istithoah dengan ketegori : istithoah dan istithoah dengan pendampingan. Baik pendampingan dengan obat/alat bantu kesehatan maupun orang. Sesuai dengan ketentuan Dirjen PHU Kemenag, seseorang pendaftar haji bisa melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji jika sudah dinyatakan istithoah oleh Dinas Kesehatan.

CJH dari Pacitan bergbung dengan Kloter SUB-4 bersama jemaah dari Kota Madiun dan Kota Surabaya, sesuai jadwal dari PPIH Embarkasi masuk asrama pada hari Sabtu tanggal 6 Juli 2019 pukul 12:00 WIB dan terbang pada hari Ahad (minggu) tanggal 7 Juli 2019 pukul 12:00 WIB langsung menuju Madinah dan mendarat pada hari Ahad (minggu) tanggal 7 Juli pukul 18:45 WAS.

Namun demikian sebelum menuju Asrama Haji Embarkasi Surabaya CJH Pacitan, diadakan upacara pelepasan keberangkatan yang dipimpin oleh Bupati Pacitan pada hari Sabtu (6/7/2019) dini hari.

Peran Pemda terkait penyelenggaraan haji cukup dirasakan oleh CJH. Transportasi, konsumsi dan akomodasi dibiayai oleh Pemda dari daerah asal ke embarkasi dan begitu pula sebaliknya.

“Selama 41 hari sejak keberangkatan sampai kepulangan CJH/JH berada di Tanah Suci, kita berharap menjadi haji yang mabrur. Sesuai jadwal Jemaah Haji dari Pacitan Kloter SUB-4 mendarat di Bandara Juanda Surabaya pada 19 Agustus 2019 pukul 05:35 WIB,” jelas Bupati. (AW)