BERITA  

Eks Ketua DPRD Elektabilitasnya Tertinggi di Pilwalkot Ternate

Jakarta,Nusantaratv.com – Kota Ternate menjadi satu dari sekian banyak daerah yang menyelenggarakan pilkada pada September 2020. Sejumlah nama muncul dalam bursa calon wali kota Ternate.

Berdasarkan hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI), ada sejumlah nama yang menonjol dalam Pilwalkot Ternate. Seperti mantan Ketua DPRD Kota Ternate Merlisa Marsaoly.

Menurut Direktur Eksekutif LKPI, Arifin Nur Cahyono, Merlisa memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan calon lainnya.

Survei yang digelar pada 13 Februari-28 Februari 2020 ini, menanyakan kepada responden siapa calon wali kota yang akan dipilih, jika pilkada dilaksanakan pada hari ini. Pertanyaan diajukan secara terbuka.

“Hasilnya, mantan Ketua DPRD Kota Ternate 2014-2019 Merlisa Marsaoly paling unggul dengan perolehan 18,6 persen. Disusul dengan Tauhid Soleman 9,3 persen, Rivai Umar 8,2 persen, M. Hasan Bay 7,8 persen, dan Abdullah Tahir 7,4 persen,” ujar Arifin, Sabtu (7/3/2020).

Lalu, Iswan Hasjim 6,2 persen, M. Yamin Tawari 5,1 persen, Ikbal Djabid 4,3 persen, Sidik Siokona 4,3 persen, Muhajirin Bailusy 3,4 persen.

“Sementara, nama bakal calon wali kota Ternate lainya tingkat keterpilihannya di bawah 2 persen, sedangkan yang tidak memberikan jawaban untuk memilih sebesar 16,2 persen,” jelas Arifin.

Dengan pertanyaan yang sama, namun dilakukan secara tertutup, serta mengunakan daftar kuesioner dengan menyodorkan nama dan foto serta latar belakang bakal calon wali kota, nama Merlisa masih menempati posisi teratas dengan perolehan 21,9 persen.

“Disusul dengan Tauhid Soleman 9,3 persen, Rivai Umar 9,9 persen, M. Hasan Bay 7,8 persen, Abdullah Tahir 7,9 persen, Iswan Hasjim 7,1 persen, M. Yamin Tawari 5,9 persen, dan Ikbal Djabid 5,7 persen,” papar Arifin

Selanjutnya, Sidik Siokona 4,9 persen, Muhajirin Bailusy 4,4 persen, Lukman S. Poli 2,6 persen dan nama bakal calon wali kota ternate lainya tingkat keterpilihannya dibawah 2 persen. Sedangkan yang tidak memberikan jawaban untuk memilih sebesar 16,2 persen.

Hasil survei juga memaparkan popularitas atau tingkat pengenalan dan kesukaan masyarakat. Dari 20 calon yang ditampilkan, ada lima kandidat yang memiliki tingkat pengenalan sekaligus kesukaan tertinggi dengan persentase di atas 75 persen.

“Mereka adalah Merlisa Marsaoly 86,7 persen, Tauhid Soleman 84,9 persen, Abdullah Tahir 84,7 persen, M. Hasan Bay 78,9 persen, dan Rivai Umar 76,2 persen,” kata Arifin.

Survei dilakukan terhadap 1.140 responden yang diambil dari populasi warga Ternate yang terdaftar dalam DPT Pileg/Pilpres 2019. Sampel diambil di tujuh kecamatan di Kota Ternate secara proposional dari jumlah DPT setiap kecamatan, sesuai sebaran dari 313 TPS pada saat Pileg /Pilpres.

Selain itu aurvei mengunakan metode multistage random sampling, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error +/- 2,8 persen.