Menag: Kepastian Haji Tergantung Kewenangan Pemerintah Arab Saudi

JAKARTA,NUSANTARAPOS,-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bicara soal kepastian ibadah haji tahun 2021. Menag Yaqut menyebut, kepastian ibadah haji 2021 sepenuhnya berada di tangan pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

“Tentang kepastian penyelenggaraan ibadah haji, kepastian ada tidaknya penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 1442 hijriah atau 2021 masehi sepenenuhnya kewenangan pemerintah Arab Saudi,” kata Menag Yaqut saat rapat kerja dengan Komisi VIII, kompleks gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/1/2021).

“Dalam rangka memulai kepastian ada tidaknya penyelenggaraan ibadah haji ini, kami telah melakukan beberapa upaya,” imbuhnya.

Menag Yaqut menjelaskan bawah telah bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia pada pekan lalu. Pertemuan itu dihadiri pejabat Kementerian Agama (Kemenag).

“Yang pertama, saya sebagai Menteri Agama telah bertemu dengan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Republik Indonesia pada hari Senin 11 Januari 2021 di kantor Kementerian Agama, kemudian Plt Dirjen Penyelenggaraan Ibadah, sekretaris dirjen, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri dan staf teknis haji,” ujar Yaqut.

Dari pertemuan tersebut, dilakukan koordinasi dengan otoritas penyelenggaraan haji Arab Saudi. Hingga kini, belum didapat informasi soal kepastian haji 2021.

“Hasil koordinasi tersebut diperoleh informasi bahwa kepastian ada atau tidaknya penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 1442 hijriah atau 2021 masehi belum dapat diperoleh,” imbuhnya.