Ajang Liga Dangdut Indonesia 2021 Segera Dimulai

oleh -

Jakarta, Nusantarapos – Ajang Liga Dangdut Indonesia (LIDA) kembali digelar. 70 duta yang terpilih dari 34 provinsi akan bersaing secara ketat untuk memperebutkan gelar juara LIDA 2021.

Direktur Programming Indosiar Harsiwi Achmad mengatakan, proses audisi LIDA musim ke empat ini dilakukan secara online akibat pandemi Covid-19.

“Audisinya adalah full online tapi ternyata peserta makin banyak, tidak berkurang. Kelebihannya menjangkau seluruh Indonesia,” kata Harsiwi saat jumpa pers melalui zoom, Jumat (12/2/2021).

Direktur Programming Indosiar Harsiwi Achmad

Yang menarik, kata Harsiwi, peserta yang mendaftar LIDA musim ke empat ini kebanyakan berusia remaja.

“Yang mendaftar muda-muda, semakin banyak talent muda 14,15,16 tahun, pokoknya dibawah 20 tahun. Jadi memang sangat mengagumkan kali ini, ” terangnya.

Proses eleminasi babak Top 70 akan dibagi menjadi dua yakni Grup Merah dan Grup Putih. Konser Grup Merah dihelat pada Senin, 15 Maret 2021 pukul 20.30 WIB. Sedangkan konser Grup Putih akan digelar esok harinya, Selasa, 16 Maret 2021 di jam yang sama.

Nantinya, penampilan mereka juga akan dinilai oleh juri yang berbeda. Juri Grup Merah antara lain Soimah, Inul, Nassar, Dewi Perssik, Zaskia Gotik, Rita Sugiarto dan Nita Thalia. Sementara juri Grup Putih dipenuhi oleh jebolan ajang dangdut Indosiar yang sudah tak asing lagi bagi pecinta dangdut seperti Lesti, Fildan, Reza serta Weni.

Dalam kesempatan tersebut, Rita Sugiarto menyatakan bahwa peserta yang bakal dilirik oleh juri nantinya tak hanya memiliki suara bagus, tapi juga harus memiliki karakter serta bakat lainnya.

“Juri mencari kemampuan yang lebih, dia bisa main musik, mengaransir lagu. Jadi punya nilai plus bagi peserta,” ucapnya.

Acara LIDA 2021 akan dipandu oleh Ramzi, Irfan Hakim, Gilang Dirga, Rara LIDA serta dua host baru yakni Ruben Onsu dan Arafah dari Stand Up Comedy.

Hadiah yang diberikan di LIDA 2021 mencapai 1 Miliar. Juara 1 (500 juta), juara 2 (300 juta) dan juara 3 (200 juta). (Arie)