DPR Papua Berharap Pemerintah Dapat Memfasilitasi Maximus Tipagau Untuk Lebih Berkembang

oleh -

NusantaraPos – Anggota DPR RI dapil Papua Willem Wandik memberikan apresiasi terhadap penghargaan yang diraih oleh Maximus Tipagau tokoh pemuda Papua. Adapun Maximus Tipagau telah meraih penghargaan “Top 10 Most Outstanding People 2018” dari majalah Infobank.

“Adek Maximus ini telah menjadi pionir di tanah Papua, memberikan inspirasi besar kepada generasi muda Papua. Dimana dia mempunyai semangat juang yang besar, selalu mempunyai pandangan yang positif thinking dan tidak pernah mengharapkan harapan dari orang lain,” ujar Willem Wandik seusai menghadiri penghargaan tersebut di Ballroom Grand Hyatt Hotel, Jakarta, Jumat malam (11/05/2018).

Willem mengatakan dia merupakan tipe pekerja keras dan disiplin. Kerja kerasnya itu sudah dilakukan sejak kecil seperti yang disampaikan pada saat pidatonya tadi bahwa dia telah bekerja keras sejak usia 4 tahun. Sehingga dengan kerja kerasnya itu sudah terbentuk sampai hari ini tetap dilakukan.

“Perjuangan dan kerja-kerja beliau memberikan kontribusi besar terhadap income daerah, walaupun sedikit tapi masyarakat juga ikut kebagian pendapatan dari uang ceperan yang didapatkan dari tamu-tamu baik wisatawan asing maupun wisatawan dalam negeri yang datang ke sana,” katanya.

Dia, lanjut Willem, juga mempunyai aktifitas tidak sebagai pendaki gunung tapi sudah berbuat sosial baik soal pendidikan dan  kesehatan yang telah disampaikan tadi. Dan sebenarnya dia juga perannya besar karena ikut membantu apa yang seharusnya menjadi kewajiban negara (pemerintah) baik di daerah ataupun pusat.  Dimana dengan kerja-kerja beliau ini juga bisa merekrut personil tenaga kerja sehingga mereka bisa mempunyai pendapatan. Secara tidak langsung telah menciptakan lapangan kerja, dan ini harus dilihat dan difasilitasi oleh pemerintah.

“Harapan saya dengan momen hari ini, dimana adek Maximus sudah mendapatkan penghargaan ini bisa menarik perhatian pemerintah pusat dan daerah untuk memfasilitasi adek Maximus ini supaya apa yang dilakukan itu bisa berkembang dan bisa menciptakan lapangan kerja yang lebih besar lagi,” harap politisi Partai Demokrat itu.

Willem menjelaskan itu semua tergantung lagi bagaimana pemeritah membangun, mengkoneksi kawasan dengan membangun infrastruktur dari kabupaten sampai kawasan pegunungan Karteks. Sehingga ini akan mempengaruhi grafik atau jumlah pengunjung yang datang baik turis asing maupun turis dalam negeri. Para pengunjung pasti akan bertambah volumenya, dengan bertambahnya banyak orang tentu akan mempengaruhi kontribusi terhadap income daerah.

Kalau jalan sudah terbangun dari pegunungan Intan Jaya sampai di atas, atau dari Timika sampai pegunungan Karteks pasti di sana akan muncul wisata-wisata dadakan. Ada kafe atau warung telepon misalnya, ada orang jual pulsa di tengah-tengah hutan, ada orang jual nasi bungkus, ubi bakar atau apapun yang menjadi kebutuhan wisatawan. Dan ini akan menciptakan peluang-peluang masyarakat bagaimana mengaktifkan ekonomi kreatif di sana.

“Hal seperti ini harus didorong, tapi sejauh ini tidak ada dorongan dari pemerintah pusat maupun daerah untuk memfasilitasi adek Maximus ini membangun jalan dari kota sampai kawasan pegunungan Karteks. Sehingga jumlah turis yang datang ke sana belum maksimal dan belum begitu banyak,” ungkap anggota komisi VII DPR RI tersebut.(Hari.S)